alexametrics

Best 5 Oto: Suzuki Jimny Made-in India, Imbauan Wali Kota Solo, Trabasan Rey Ratukore

RR Ukirsari Manggalani
Best 5 Oto: Suzuki Jimny Made-in India, Imbauan Wali Kota Solo, Trabasan Rey Ratukore
Suzuki Jimny, sebagai ilustrasi [Global Suzuki].

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka berikan imbauan bermobil, rider kenamaan Rey Ratukore berperjalanan off-road roda dua, dan pembuatan Suzuki Jimny dapat lampu hijau.

Suara.com - Gibran Rakabuming Raka, libur Nataru, Rey Ratukore, trabasan, Yamaha WR 155 R, musim hujan, mobil terendam banjir, pelat merah, Suzuki Jimny, dan India menjadi highlights dari lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com di akhir pekan ini.

Libur Nataru atau Natal dan Tahun Baru sudah di depan mata. Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka memberikan imbauan tentang mobil pelat merah. Yaitu tidak untuk digunakan berwisata atau pulang kampung.

Di sisi lain, pulang kampung dan cuti bersama di Libur Nataru ini sendiri tidak diadakan oleh Pemerintah. Tujuannya untuk menekan terjadinya COVID-19 gelombang ketiga, apalagi hadir varian baru Omicron.

Di sisi lain, para penggiat olah raga otomotif tetap berkegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan. Antara lain adalah rider kenamaan asal Nusa Tenggara Timur (NTT), Rey Ratukore.

Baca Juga: Pengendara Mobil dan Sepeda Motor di Musim Hujan, Pastikan Sudah Mengantongi Proteksi Diri

Saking hobinya trabasan, wakil Indonesia di kejuaraan internasional Sportland Sugo Jepang ini memiliki tiga motor trail Yamaha WR 155 R untuk bertualang alam bebas.

Masuk di sektor pasar mobil global, pembuatan Suzuki Jimny lima pintu di India mendapatkan lampu hijau.  Artinya, produk legendaris yang banyak dirindukan para pencinta off-road ini sebentar lagi bakal didistribusikan. Apakah Indonesia mendapatkan unit-unitnya?

Lalu untuk tips sehari-hari, kami hadirkan dua tips yang berguna di musim hujan.

Pertama tentang penanganan mobil yang terendam banjir. Harap diingat bahwa melakukan starter atau menghidupkan mesin tidak disarankan.  Dikhawatirkan unsur kelistrikan kendaraan malah rusak nantinya.

Di sisi lain, menangani mobil banjir sendiri juga mengundang konsekuensi gugurnya polis asuransi yang dimiliki si kendaraan. Mengapa bisa demikian?

Baca Juga: Waspada Aquaplaning Saat Berkendara di Musim Hujan, Ini Kumpulan Tips Aman Bermobil

Dan, tips yang tak kalah penting adalah menjaga mood berkendara selagi hujan turun dan terjadi kemacetan. Stres bisa dialihkan dengan sederet persiapan ini. Silakan dicoba.

Selamat menikmati lima artikel rekomendasi kanal otomotif Suara.com, selamat berakhir pekan dan jaga selalu kesehatan pribadi, keluarga, serta lingkungan sekitar. Jangan lupa berpedoman pada protokol kesehatan.

1. Gibran Rakabuming Raka: Mobil Dinas untuk Kerja Tok

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hendak meninggalkan DPRD Solo untuk blusukan ke Pasar Gede, Jumat (26/2/2021). [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka hendak meninggalkan DPRD Solo untuk blusukan ke Pasar Gede, Jumat (26/2/2021). [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]

Menyambut libur akhir tahun, Gibran Rakabuming Raka selaku Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah memberikan imbauan. Yaitu agar para Aparatur Sipil Negara (ASN) tidak menggunakan kendaraan pelat merah untuk mudik. Demikian dikutip dari kantor berita Antara.

"Mobil dinas jangan dipakai buat mudik, wisata. Untuk kerja tok (saja)," demikian ungkap ayah dua anak ini di Solo, Kamis (2/12/2021).

Baca selengkapnya

2. Dapat Lampu Hijau, Suzuki Jimny Versi Lima Pintu Segera Diproduksi di India

Suzuki Jimny Remote control (SCMP)
Suzuki Jimny Remote control (SCMP)

Kabar Suzuki sedang menyiapkan Suzuki Jimny varian lima pintu semakin santer terdengar.

Menurut laporan terbaru Autocar India, proyek tersebut saat ini sudah mendapat lampu hijau untuk segera masuk dapur produksi. Perusahaan merencanakan Jimny lima pintu akan diluncurkan di India dalam waktu dekat.

Baca selengkapnya

3. Saking Sukanya Trabasan, Rey Ratukore Punya Tiga Sepeda Motor Off-Road dari Satu Model

Rey Ratukore, putra NTT yang turut mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia [PT YIMM].
Rey Ratukore, putra NTT yang turut mengharumkan nama Indonesia di pentas dunia [PT YIMM].

Rey Ratukore adalah putra Kupang, Nusa Tenggara Timur yang mewakili Indonesia dalam kejuaraan FIM UAM Asia Cup Road Racing (ACRR) 2009 di Sportsland Sirkuit Sugo, Jepang. Saat itu dia meraih juara ketiga setelah rider Thailand dan Jepang.

Kekinian, di antara kesibukannya mengurus bengkel Rey Speed Shop di Cibinong, Bogor, ia menyempatkan diri trabasan bersama motor trail.

Baca selengkapnya

4. Pantang Menghidupkan Mesin Mobil Terendam Banjir, Beri Proteksi Kendaraan dengan Asuransi

Evakuasi mobil banjir yang dilakukan oleh Garda Siaga [Dok Asuransi Astra].
Evakuasi mobil banjir yang dilakukan oleh Garda Siaga [Dok Asuransi Astra].

Musim penghujan telah menyapa beberapa wilayah Tanah Air. Dari curah air tinggi, muncul genangan dan bila tidak tertampung lagi terjadilah banjir.

Dalam situasi seperti ini, para pemilik mobil seperti disadarkan: apakah sudah memberikan proteksi atau perlindungan atas kendaraan mereka?

Baca selengkapnya

5. Tips Mencegah Stres Saat Mengemudi Mobil di Musim Hujan

Ilustrasi mengemudi saat hujan (Elements Envato)
Ilustrasi mengemudi saat hujan (Elements Envato)

Pada saat mengemudi mobil di musim hujan tidak dapat dipungkiri pengendara akan berhadapan dengan beragam masalah. Seperti jalan yang semakin macet, pohon tumbang, genangan air, atau mobil mogok yang bisa meningkatkan stres.

Padahal, stres yang tidak bisa dikendalikan dapat membuat mudah meluapkan emosi dan membahayakan ketika mengemudi mobil.

Baca selengkapnya

Komentar