alexametrics

Surabaya Gelar Navy Day 2021, Ranpur TNI AL Ikut Parade

RR Ukirsari Manggalani
Surabaya Gelar Navy Day 2021, Ranpur TNI AL Ikut Parade
Acara Navy Day 2021 atau Hari Angkatan Laut digelar di Jalan Tunjungan pada Minggu (5/12/2021) (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

Tunjungan Romansa adalah kawasan wisata sejarah Jalan Tunjungan, mobil operasional TNI AL dipamerkan di sini.

Suara.com - Acara Navy Day 2021 atau Hari Angkatan Laut untuk pertama kalinya digelar di Tunjungan Romansa, Surabaya pada Minggu (5/12/2021). Tampil sebagai pengisi acara antara lain adalan kendaraan tempur atau ranpur TNI AL.

Sebagai kawasan berjuluk Kota Pahlawan dan memiliki pangkalan utama Angkatan Laut terbesar di kawasan Indonesia Timur, beragam kendaraan turun berparade dalam acara seru ini. Termasuk ranpur tadi.

Dikutip dari kantor berita Antara, perayaan Navy Day 2021 yang berlangsung di Tunjungan Romansa disemarakkan pameran Alat Utama Sistem Senjata Tentara Nasional Indonesia (Alutsista TNI). Juga penampilan dari para Taruna dan Taruni TNI AL.

Kawasan historis Jalan Tunjungan, dengan patung mengenang peristiwa 10 November yang berada di depan eks pusat perbelanjaan Siola, Surabaya [Shutterstock].
Kawasan historis Jalan Tunjungan, dengan patung mengenang peristiwa 10 November yang berada di depan eks pusat perbelanjaan Siola, Surabaya [Shutterstock].

Acara dibuka Kirab GS Taruna/Taruni dan Kirab Pasukan. Kemudian dilanjutkan pameran Alutsista TNI, pertunjukan musik, peragaan busana, penampilan tari, hingga penampilan Rajawali Laut Flight, dan Banner Flight.

Baca Juga: Perlancar Kebutuhan Sport Otomotif dari Luar Negeri, IMI-Ditjen Bea Cukai Bersinergi

Ruas jalan raya Tunjungan memang menyimpan nilai sejarah bagi warganya. Membentang melintasi Hotel Majapahit, di sinilah berlangsung peristiwa bendera Kerajaan Belanda diubah menjadi Sang Merah Putih. Dari kawasan ini pula, bisa diakses jalur menuju Tugu Pahlawan. Lokasi Pertempuran 10 November 1945.

Setelah kawasan wisata Tunjungan Romansa di Jalan Tunjungan diresmikan pada November 2021, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi menyebutkan bahwa kejayaan ruas jalan ini akan terus hidup dan dikenang sepanjang masa.

Pengunjung melihat koleksi Museum Surabaya di Gedung Siola, Jalan Tunjungan, Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Sabtu (21/9/2019). Gedung Siola yang awalnya merupakan sentra bisnis pada zaman kolonial dan kemudian pada pertengahan tahun 2015 difungsikan menjadi museum tempat menyimpan sejarah Kota Surabaya mulai dari masa kolonial, awal kemerdekaan hingga masa kini serta dijadikan pusat layanan masyarakat atau Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) [ANTARA FOTO/Syaiful Arif/wsj]
Pengunjung melihat koleksi Museum Surabaya di Gedung Siola, Jalan Tunjungan. Gedung ini menjadi sentra bisnis pada zaman kolonial dan pertengahan 2015 difungsikan sebagai museum tempat menyimpan sejarah Kota Surabaya mulai dari masa kolonial, awal kemerdekaan hingga masa kini, juga kantor  Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap (UPTSA) [ANTARA FOTO/Syaiful Arif/wsj]

"Kita hidupkan kembali karena ada unsur heritage. Di Jalan Tunjungan ada Kampung Ketandan tempat Cak Markeso. Di sini ada tempat latihan seni, tempat latihan Jula Juli," katanya.

Untuk mengoptimalkan kawasan itu, kata dia, Pemkot Surabaya melengkapi dengan suguhan kuliner dari para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Surabaya.

Bahkan, suguhan ini semakin lengkap dengan beragam jenis pertunjukan seni dan budaya. Masyarakat dapat menikmati Tunjungan Romansa yang makin ciamik suasananya sembari bernostalgia.

Baca Juga: Best 5 Oto: GIIAS 2021 ke Surabaya Boyong Mobil Listrik, Yamaha R15 V4 Segera Mendarat

"Jadi setiap malam akan ada tampilan seni," jelasnya.

Oleh karena itu, Wali Kota Surabaya mengusulkan acara tahunan digelar di Tunjungan Romansa.

"Kita bisa usulkan untuk terus menggelar acara tahunan di Tunjungan Romansa, seperti Hari Armada, Hari Pahlawan, HUT Kota Surabaya, dan HUT Provinsi Jawa Timur," jelas Eri Cahyadi.

"Kita tunjukkan bahwa Tunjungan Romansa ini bisa berkembang," paparnya pada Senin (6/12/2021).

Komentar