facebook

New Mitsubishi Xpander Adopsi Suspensi Baru, Ini Keandalannya

RR Ukirsari Manggalani
New Mitsubishi Xpander Adopsi Suspensi Baru, Ini Keandalannya
Mitsubishi New Xpander saat dipamerkan dalam gelaran GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Serpong, Tangerang, Banten, Senin (15/11/2021). [Suara.com/Alfian Winanto]

PT MMKSI berikan penjelasan mengapa menggunakan racikan suspensi baru pada produk andalannya.

Suara.com - PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) mengubah tampilan New Mitsubishi Xpander menjadi lebih segar. Namun tak kalah penting, adalah adopsi suspensi baru, di mana dilakukan langkah pengubahan agar kenyamanan penggunanya semakin optimal.

Dikutip dari kantor berita Antara, disebutkan bahwa postur jangkung si kendaraan dengan ground clereance mencapai 220 mm--dari sebelumnya 205mm--membuat tunggangan tetap aman dan nyaman. Kuncinya adalah ubahan suspensi belakang.

Rear shock-absorber New Mitsubishi Xpander memakai jenis sama dengan Mitsubishi Pajero Sport. Diameter lebih besar dibandingkan dimensi untuk versi Xpander sebelum facelift. Selain itu, pabrikan dengan logo tiga berlian itu juga menyetel ulang shock-absorber agar tepat dipakai New Mitsubishi Xpander.

Baca Juga: Pasang Aksesoris New Mitsubishi Xpander: Tambah Ganteng, Tanpa Garansi Melayang

"Perubahan suspensi dilihat dari ukuran shock-absorber belakang yang lebih tinggi, diambil dari Pajero Sport. Selain itu, high performance bar yang ada di Xpander dan Xpander Cross menggunakan desain mobil Eropa. Perubahan itu menghasilkan driving yang lebih nyaman, stabil di jalan yang kurang halus dan kasar, sesuai dengan kondisi di Indonesia," jelas Eichiro Hamazaki, Director of Aftersales Division PT MMKSI yang dipaparkan beberapa waktu lalu.

Pereli Mitsubishi Motors sekaligus pereli legendaris yang turun di laga Paris-Dakar Rally, Hiroshi Masuoka, telah menjajal New Mitsubishi Xpander.

Ia memaparkan bahwa kekinian mobil ini lebih nyaman dan aman melintasi berbagai medan jalan.

"Dengan diameter shock-absorber belakang yang lebih besar, mobil ini memberikan kenyamanan berkendara dengan suspension stroke yang cukup untuk melaju sangat stabil," kata Hiroshi Masuoka.

Selain suspensi, Hamazaki-san menjelaskan bahwa New Mitsubishi Xpander kini menggunakan transmisi baru.

Baca Juga: Meski Harga Mitsubishi Xpander dan Xpander Cross Naik, Ada Paket Purna Jual Seru

Transmisi New CVT memberikan rasa berkendara yang lebih nyaman dan efisien berkat keseimbangan antara akselerasi maksimal dan tajam layaknya transmisi AT 8-percepatan, efisiensi bahan bakar, kerapatan serta perpindahan gigi yang halus.

Transmisi itu dipadukan mesin 1.5L MIVEC DOHC 16 Valve dengan spesifikasi Euro 4 yang menghasilkan output maksimum 105 PS pada 6,000 RPM, torsi 141 Nm pada 4.000 RPM.

"Ada perubahan suspensi dan transmisi. Perubahan itu didasarkan pada kebutuhan dan saran konsumen. Tujuannya untuk memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik dan nyaman, serta efisiensi tinggi," jelasnya.

Last but not least, mesin New Mitsubishi Xpander juga mengadopsi Exhaust Gas Recirculation (EGR) yang mampu mengurangi emisi gas buang serta menambah efisiensi bahan bakar.

Inilah sederet pembaruan di sektor kaki dan saluran gas buang New Mitsubishi Xpander yang menjadikannya tampil dengan kebaruan seru dan menantang.

Komentar