facebook

Jawa Tengah Duduki Posisi Tertinggi Pelanggaran Lalu Lintas Terjaring ETLE Pekan Awal 2022

RR Ukirsari Manggalani
Jawa Tengah Duduki Posisi Tertinggi Pelanggaran Lalu Lintas Terjaring ETLE Pekan Awal 2022
Petugas memantau kamera pengawas tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) melalui layar monitor di Gedung National Traffic Managemen Center (NTMC) Polri, Jakarta, Selasa (23/3/2021). Sebagai ilustrasi [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Pelanggaran lalu lintas terjaring ETLE di Jateng adalah tertinggi secara Nasional.

Suara.com - Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Agus Suryonugroho dalam siaran pers di Semarang, Sabtu (16/1/2022) menyatakan bahwa tercatat 34.196 pelanggaran lalu lintas yang ditindak dengan menggunakan tilang ETLE pada tanggal 3—15 Januari 2022.

Dikutip dari kantor berita Antara, Kombes Pol Agus Suryonugroho menyebutkan jumlah ini terbagi atas 33.780 pelanggaran oleh pengendara sepeda motor dan 416 mobil. Dan pelanggaran telah terverifikasi melalui aplikasi tilang Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE).

Kendaraan melintas di bawah kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, Sabtu (23/1/2021). Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menargetkan 100 kamera electronic traffic law enforcement (ETLE) terpasang di sejumlah ruas jalan di Jakarta pada 2021 [ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa].
Kamera Closed Circuit Television (CCTV) di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Sebagai ilustrasi ETLE[ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/rwa].

Dengan demikian, dua pekan pertama 2022 Provinsi Jawa Tengah menempati posisi tertinggi di Indonesia.

"Jumlah itu yang terbesar dibanding daerah lain di Indonesia," jelas Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol. Agus Suryonugroho.

Baca Juga: Viral Mobil Damkar Susah Payah Menuju Lokasi Kebakaran, Toyota Rush Parkir Sembarangan Jadi Biangnya

Dijelaskannya bahwa jenis pelanggaran terbanyak:

  • Roda dua: tidak memakai helm serta berboncengan lebih dari dua orang.
  • Roda empat: tidak mengenakan sabuk pengaman.

Kombes Pol. Agus Suryonugroho mengingatkan para pengendara kendaraan bermotor agar mematuhi peraturan lalu lintas karena tilang ETLE sudah diterapkan di seluruh daerah di Jawa Tengah.

Dipastikan pula bahwa ribuan kamera ETLE telah dipasang di helm polisi lalu lintas di seluruh polres jajaran.

Program prioritas Kapolri dalam upaya penegakan hukum ini adalah salah satu upaya mengurangi interaksi langsung dengan pelanggar lalu lintas.

Baca Juga: Hacker 19 Tahun Pamer Bisa Bobol Mobil Tesla, Peretasan Bukan Karena Teknologi Kendaraan Lemah

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar