facebook

Hyundai Kuasai 87,3 Persen Pasar Mobil Listrik Berbasis Baterai Indonesia

Liberty Jemadu
Hyundai Kuasai 87,3 Persen Pasar Mobil Listrik Berbasis Baterai Indonesia
Hyundai menguasai pasar mobil listrik berbasis baterai di Indonesia pada 2021. Foto: Hyundai Ioniq Electric dan Hyundai Kona Electric meluncur bersama di pasar mobil listrik Tanah Air pada 2020 lalu. [Dok PT Hyundai Motors Indonesia].

Di segmen pasar mobil listrik berbasis baterai, Hyundai belum bisa digeser. Merek asal Korsel itu mendominasi dengan Hyundai Kona Electric dan Ioniq Electric.

Suara.com - PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mendominasi pasar mobil listrik berbasis baterai di Indonesia, dengan menguasai pangsa pasar sebesar 87,3 persen pada 2021 kemarin.

HMID, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Selasa (18/1/2022), mengatakan berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo, mobil-mobil listrik Hyundai memang mendominasi pasar Tanah Air.

“Hyundai menyambut baik antusiasme dan penerimaan pelanggan kami di Indonesia terhadap komitmen Hyundai dalam membangun mobilitas masa depan Tanah Air," kata President Director PT Hyundai Motors Indonesia, SungJong Ha.

Ada dua mobil listrik Hyundai yang paling mendominas di Indonesia. Pertama adalah Hyundai Kona Electric, yang terjual secara ritel sebanyak 366 unit sepanjang 2021. Yang kedua adalah Hyundai Ioniq Electric, yang laku sebanyak 239 unit pada tahun lalu.

Baca Juga: Daftar Mobil Paling Diminati Sepanjang 2021, Ada Hyundai Ioniq EV

Totalnya Hyundai telah menjual 605 unit mobil listrik berbasis baterai, dari total 693 unit mobil listrik murni yang terjual di Indonesia selama 2021.

Keberhasilan ini melanjutkan dominasi merek asal Korea Selatan tersebut di 2020, yang berhasil menjual 124 unit mobil listrik berbasis baterai dari total 130 transaksi di tahun tersebut.

"Kona Electric dan Ioniq Electric telah mencatatkan sejarah mereka di Indonesia dan akan ada lebih banyak lagi pencapaian di masa mendatang," lanjut SungJong Ha.

Hyundai Kona Electric dan Ioniq Electric diluncurkan bersamaan pada akhir 2020 di Indonesia. Kedua mobil tersebut menandai dimulainya komitmen jangka panjang Hyundai di Indonesia.

Hyundai diketahui telah mengoperasikan pabriknya di Cikarang, Jawa Barat pada 17 Januari kemarin dengan memproduksi SUV kompak Hyundai Creta. Rencananya mobil-mobil listrik Hyundai juga akan diproduksi di fasilitas yang sama.

Baca Juga: Hyundai Recall 2.679 unit Ioniq Electric Karena Masalah Akselerasi

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar