facebook

Pemerintah India Bakal Wajibkan Mobil Baru Dilengkapi Minimal 6 Airbag

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Pemerintah India Bakal Wajibkan Mobil Baru Dilengkapi Minimal 6 Airbag
Ilustrasi: Airbag. (Shutterstock)

Sebagai langkah lebih mengamankan perjalanan berkendaraan roda empat inilah permintaan pemerintah India.

Suara.com - Menteri Transportasi Jalan dan Jalan Raya India, Nitin Gadkari menyarankan untuk menambah jumlah airbag di setiap mobil baru yang akan dipasarkan di negeri itu.

Menurutnya setiap mobil baru yang akan dipasarkan nantinya harus sudah memiliki minimal enam unit airbag.

Lewat aturan ini Gadkari ingin memastikan keselamatan penumpang di semua segmen, terlepas dari biaya atau varian kendaraan.

Komuter berjalan di sepanjang jalan di tengah kabut asap tebal di New Delhi, India, pada (16/11/2021). [MONEY SHARMA / AFP]
Suasana lalu lintas di  New Delhi, India (16/11/2021). Sebagai ilustrasi [AFP/Money Sharma]

"Untuk meminimalkan dampak benturan dari depan dan samping terhadap penumpang, telah diputuskan bahwa empat airbag tambahan harus disematkan pada setiap kendaraan. Ini adalah langkah penting untuk membuat kendaraan bermotor di India lebih aman dari sebelumnya," kata Gadkari, dikutip dari Paultan.

Baca Juga: Ingin Beli Mobil Baru? Simak Insentif PPnBM DTP 2022 yang Berbeda dengan Edisi 2021

Menurut laporan, industri otomotif merasa kebijakan tadi kurang tepat. Pasalnya, sejauh ini belum ada data kematian yang menunjukkan perlunya penambahan airbag di mobil yang dipasarkan.

Selain itu, kebijakan dinilai akan membuat harga mobil di India akan jadi lebih mahal.

"Kami sudah memenuhi norma uji tabrak peraturan. Kedua, tidak ada data atau bukti empiris pengemudi sampai penumpang jok belakang di mobil menghadapi risiko lebih besar dalam kecelakaan," ujar sumber anonim.

Meski begitu, pejabat pemerintah menepis keberatan itu, dengan alasan mobil buatan India dengan enam airbag adalah untuk kebutuhan ekspor ke Eropa.

"Sayang sekali kami harus mengeluarkan peraturan untuk mobil yang lebih aman. Di Eropa, pembuat mobil menyediakan lebih banyak airbag untuk mendapatkan peringkat keamanan maksimum. Tujuannya adalah mempertahankan pangsa pasar mereka," ungkap seorang pejabat.

Baca Juga: Gembong Pencuri Mobil Mewah Ditangkap, 21 Unit Kendaraan Disita, Total Nilainya Tembus 9 Miliar

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar