facebook

Mengulik Kiprah Aleix Espargaro, Pembalap MotoGP yang Pakai Helm Buatan Indonesia

Cesar Uji Tawakal
Mengulik Kiprah Aleix Espargaro, Pembalap MotoGP yang Pakai Helm Buatan Indonesia
Aleix Espargaro membalap untuk tim Aprilia Gresini di MotoGP 2021. [KARIM JAAFAR / AFP]

Pembalap MotoGP ada yang mau pakai helm buatan Indonesia, lho!

Suara.com - Gelaran MotoGP musim 2022 telah mulai bergulir. Sedikit informasi unik, bahwa ada pembalap MotoGP yang pakai helm buatan Indonesia. Well mungkin bahkan Anda belum tahu jika ada helm produksi Indonesia yang turut meramaikan gelaran utama dari MotoGP.

Pada musim sebelumnya, 2021, ada setidaknya dua pembalap yang menggunakan helm ini, yakni pembalap tim Aprilia, Aleix Espargaro dan Lorenzo Savadori. Namun pada gelaran musim 2022, hanya Aleix Espargaro saja yang masih menggunakan helm yang satu ini.

KYT, Kebanggaan Indonesia di Gelaran MotoGP 2022

KYT merupakan merk helm asal Indonesia. Helm ini diproduksi oleh PT. Tarakusuma Indah, dan sejak awal pendiriannya memang dikonsep sebagai Racing Idea Project oleh pendiri perusahaan ini, Eddy Tedjakusuma.

Baca Juga: Punya Peran Besar Bikin Ducati Kian Moncer, Michele Pirro Akui Sempat Didekati Yamaha

Kerjasamanya dengan Aleix Espargaro

Insiden yang melibatkan Marc Marquez dan Aleix Espargaro di MotoGP Styria 2021 (Twitter/GOLDANGOOSE)
Insiden yang melibatkan Marc Marquez dan Aleix Espargaro di MotoGP Styria 2021 (Twitter/GOLDANGOOSE)

Aleix Espargaro Villa, lahir di Granollers 30 Juli 1989. Pembalap ini berkewarganegaraan Spanyol, dan membalap untuk tim Aprilia. Espargaro mulai membalap sejak tahun 2009, dan pernah mencicipi beberapa pabrikan motor seperti Ducati, ART, Forward Yamaha, Suzuki, hingga Aprilia Racing Team yang merekrutnya tahun 2017 lalu.

Dalam karirnya yang panjang ini, Espargaro masih belum mengantongi gelar juara dunia. Namun demikian ia jadi salah satu pembalap yang diperhitungkan di setiap musim, karena memang memiliki kemampuan di atas rata-rata.

Hal ini dibuktikan oleh kiprahnya yang bahkan sudah dimulai dari kelas 125 cc, yang turut dalam musim 2004 sampai 2006. pada tahun 2006 hingga 2009 ia naik ke kelas 250 cc, dan masuk ke Moto2 tahun 2011.

Gelaran GP pertama yang dijalani oleh Espargaro adalah di Indianapolis, tahun 2009 lalu. Pada gelaran MotoGP ia pernah meraih podium dan dua kali pole position. Secara total, poin yang sudah sebanyak 589.

Baca Juga: Top 5 Sport Sepekan: Kondisi Sirkuit Mandalika Bikin Pebalap MotoGP Kesal, Marah, dan Takut

Beralih ke helm KYT, produsen pelindung kepala ternama ini juga memiliki produk lain, seperti BMC, HIU, MDS, hingga INK. Meski dipasarkan dalam merk berbeda, semua produk ini diproduksi dalam satu pabrik yang sama.

Itu tadi sedikit informasi terkait pembalap MotoGP yang pakai helm buatan Indonesia. Semoga bermanfaat, dan selamat menjalankan hari Anda. Ingat untuk menetapkan protokol kesehatan ketat, dan semoga selalu sehat.

Kontributor : I Made Rendika Ardian

Komentar