facebook

Moto Guzzi Museum Rampung Direnovasi, Siap Suguhkan Tontonan Seru Bagi Pencinta Roda Dua

RR Ukirsari Manggalani
Moto Guzzi Museum Rampung Direnovasi, Siap Suguhkan Tontonan Seru Bagi Pencinta Roda Dua
Renovasi Moto Guzzi Museum sudah rampung, simak timeline kejayaannya di pentas balap [HO/Moto Guzzi Museum]

Moto Guzzi Museum merayakan kejayaan salah satu brand kondang Italia.

Suara.com - Moto Guzzi Museum di Mandello del Lario, Italia resmi dibuka kembali mulai dua pekan lalu, Jumat (29/4/2022). Renovasi telah dilakukan dengan pemugaran penuh di seluruh area pabrik menjadikan Moto Guzzi Museum sebagai hub yang benar-benar terbuka untuk umum.

Dikutip kantor berita Antara dari rilis resmi Moto Guzzi, museum ini merayakan sejarah panjang sepeda motor, pencapaian, dan rider balapan yang bertarung membawa brand Moto Guzzi.

Museum didesain ulang sepenuhnya, dibagi ke dalam tiga area utama tematis. Yaitu model komersial, model balap, dan model militer, yang semuanya disusun secara runut.

Moto Guzzi Museum di kota Mandello del Lario, Italia [HO/Moto Guzzi Museum]
Moto Guzzi Museum di kota Mandello del Lario, Italia [HO/Moto Guzzi Museum]

Koleksi langka dan menarik ini merupakan satu-satunya di dunia. Total terdapat 160 tipe model telah direstorasi secara detail dan teliti selama beberapa bulan terakhir. Sert ditangani langsung oleh staf lokal Moto Guzzi.

Baca Juga: Sah! Moto Guzzi New V7 Stone Centenario Unit Perdana Dikirim GAIA Moto Kepada Konsumen

Dimulai dari G.P. sebagai varian model unik yang telah hadir sebelum berdirinya Moto Guzzi, hingga model-model terkini yang masih diproduksi. Salah satunya V85 TT.

Area baru di lantai dasar museum memajang deretan sepeda motor yang diproduksi mulai 2000 hingga sekarang. Antara lain California 1400 yang gagah dan Stelvio 1200 yang tangguh.

Secara keseluruhan, sejarah Moto Guzzi diceritakan mulai dari bagian pertama di lantai dasar dengan menampilkan G.P. 1919, prototipe yang menjadi cikal bakal "Normale" sebagai produksi massal pertama Moto Guzzi pada 1921. Perjalanan berlanjut ke lantai dua, yang memamerkan model-model produksi tahun berikutnya hingga awal milenium baru, serta berbagai sepeda motor untuk fungsi militer.

Area kedua yang berlokasi di lantai dasar menampilkan seluruh model sepeda motor balapnya, termasuk koleksi kendaraan legendaris seperti Otto Cilindri yang futuristik di masanya, dan memberikan 14 gelar juara dunia untuk Moto Guzzi.

Baca Juga: Piaggio Indonesia Serahkan Moto Guzzi V85 TT Travel ke Pemesan Perdana

Moto Guzzi V7 III Stone dan Moto Guzzi V7 III Racer 10th Anniversary. [Piaggio Indonesia].
Moto Guzzi V7 III Stone dan Moto Guzzi V7 III Racer 10th Anniversary, sebagai ilustrasi produk Moto Guzzi sekarang [Piaggio Indonesia].

Lantas ada pula area khusus yang didedikasikan untuk mendiang Omobono Tenni, rider legendaris Moto Guzzi yang memenangkan Tourist Trophy 1937.

Lalu pada bagian ketiga dari ruang pameran baru ini menampung model-model langka, seperti 3X3 "Mulo Meccanico" sebagai kendaraan kerja di dekade 1960-an dengan penggerak tiga roda dan sespan Trialce, yang pertama kali diproduksi pada 1940.

Beberapa koleksi andalan lainnya adalah:

  • G.T. "Norge" (1920-an)
  • Sport 15 (1930-an)
  • Guzzino (1940-an)
  • Falcone
  • Galetto 192
  • V7 Sport (1970-an)
  • V50
  • Daytona 1000 yang super sporty
  • Griso
  • MGX-21.

Komentar