facebook

Yamaha Riding Academy Bagikan Tips Touring, Mari Bepergian Eksplorasi Tempat Wisata dan Jaga Kesehatan

RR Ukirsari Manggalani
Yamaha Riding Academy Bagikan Tips Touring, Mari Bepergian Eksplorasi Tempat Wisata dan Jaga Kesehatan
Tatat cara touring antara lain jaga jarak dan tidak mengerem tiba-tiba, juga tidak balapan dengan rekan touring maupun pengendara di jalan [Yamaha Indonesia].

Kegiatan touring bisa dilakukan, tetap tanggap prokes seperti perjalanan Makassar-Enrekang pakai Yamaha XSR 155.

Suara.com - Salah satu tujuan touring menggunakan sepeda motor adalah refreshing menikmati panorama alam dari atas tunggangan kesayangan.

Di masa pandemi COVID-19 yang harapannya terus melandai sehingga bisa menjadi endemi, kegiatan bersama ini bisa dilakukan menggunakan rambu protokol kesehatan. Antara lain menjaga jarak serta tidak menimbulkan kerumunan.

Seperti dilakukan Hasril Hamun, pengguna Yamaha XSR 155 asal Makassar yang bersama rekan-rekannya menyusuri keindahan alam di seputar Sulawesi Selatan.

XSR Brotherhood Indonesia (XBI) chapter Makassar yang melakukan perjalanan dari makassar ke Enrekang, pintu gerbang ke Tana Toraja [Yamaha Indonesia].
XSR Brotherhood Indonesia (XBI) chapter Makassar yang melakukan perjalanan dari makassar ke Enrekang, pintu gerbang ke Tana Toraja [Yamaha Indonesia].

"Ini perjalanan terjauh dan paling menantang yang pernah saya lakukan bersama XSR 155 adalah dalam rangka ulang tahun pertama komunitas XBI (XSR Brotherhood Indonesia) pada April 2021 bersama enam member lainnya. Kami melakukan touring ke beberapa tempat wisata start dari Makassar sampai Enrekang," kisah Hasril Hamun, Ketua XSR Brotherhood Indonesia (XBI) chapter Makassar, sebagaimana dikutip dari rilis resmi Yamaha Indonesia yang diterima Suara.com.

Baca Juga: Mitos atau Fakta: Ban Belakang Sepeda Motor Lebih Cepat Botak?

Lelaki berusia 31 tahun ini mengungkapkan kontur trek yang berbelok-belok dan cuaca berkabut. Akan tetapi Yamaha XSR 155 mampu melibas trek bervariasi untuk kegiatan adventure.

Mesin berkapasitas 155cc dilengkapi VVA (Variable Valve Actuation) yang memaksimalkan tenaga hingga merata di setiap putaran mesin.

Berikut adalah tips berkendara touring pakai Yamaha XSR 155:

1. Persiapan touring

Baca Juga: Terkendala Pasokan Chip Semikonduktor, Honda Scoopy Stop Produksi Sementara

  • Lakukan pengecekan komponen motor terkait ban, oli, lampu, kelistrikan dan lainnya. Juga disarankan servis motor terlebih dahulu di bengkel resmi sehingga tunggangan dalam kondisi bagus untuk perjalanan touring.
  • Jaga fisik agar tetap prima, tidak begadang, dan lakukan olah raga ringan serta pemanasan sebelum touring supaya membantu pelemasan otot-otot tubuh dan membuat tubuh tetap bugar.
  • Lakukan pengecekan kondisi kesehatan terkini terkait demam dan pandemi COVID-19. Bagaimana pun, di tujuan wisata akan bertemu orang lain, mulai sesama wisatawan, warga lokal, termasuk penjual makanan sampai cenderamata. Jangan bawa "oleh-oleh" ancaman kesehatan di destinasi.
  • Siapkan safety riding yang lengkap seperti helm, sarung tangan, jaket, sepatu dan lainnya untuk mendukung kenyamanan dan keselamatan berkendara.
  • Tentukan titik kumpul, kenali rute perjalanan yang aman dan biasa dilewati oleh pengendara lainnya, ketahui informasi mengenai kondisi terakhir jalan.
  • Membawa surat-surat kelengkapan berkendara, uang dan alat komunikasi.

2. Saat di perjalanan

  • Jaga jarak aman, jangan saling mendahului dengan teman yang bersama dalam perjalanan touring, hindari melakukan tindakan yang mendadak seperti mengerem, berbelok, atau berhenti tiba-tiba agar tidak tertabrak oleh pengendara di belakang atau pengendara lainnya.
  • Lakukan akselerasi atau pengereman secara halus, jaga konsentrasi dan kontrol emosi.
  • Upayakan istirahat jika sudah berkendara antara dua sampai tiga jam.

3. Cara mendapatkan performa motor maksimal

  • Bila menggunakan Yamaha XSR 155, pengendara akan mendapatkan performa motor yang maksimal karena motor ini memiliki mesin berkapasitas 155cc dengan teknologi VVA (Variable Valve Actuation).

4. Kenyamanan dengan suspensi USD dan Assist & Slipper Clutch

  • Jauhnya jarak perjalanan yang ditempuh bisa membuat pengendara lelah, untuk itu pilih kendaraan yang nyaman.
  • Seperti Yamaha XSR 155 yang ditunjang fitur-fitur modern seperti suspensi USD (Up Side Down) yang meningkatkkan handling saat berkendara.
  • Manfaatkan pula fitur Assist & Slipper clutch yang fungsinya mendukung dalam berkendara termasuk touring.

5.Mulus melewati medan bergelombang pakai ban dual purpose

  • Pakai ban dual purpose yang sangat membantu saat melewati jalan yang tidak rata atau bergelombang.
  • Bila menggunakan Yamaha XSR 155 tidak perlu khawatir karena memiliki ban spesifikasi dual purpose untuk melewati kondisi jalan yang tidak bagus.

6. Desain berkelas untuk dokumentasi foto dan video

  • Dengan memilih sepeda motor seru buat touring, membuat foto dan video di tempat wisata lebih seru.
  • Background spot menarik di lokasi akan menambah nilai artistik foto maupun video yang didokumentasikan.
  • Contohnya pada Yamaha XSR 155 adalah model tangki Drip-Shaped, penggunaan jok single seat dengan desain klasik yang stylish, lalu desain lampu depan dan belakang berteknologi LED modern.
  • Saat mengambil foto atau video, pantang membuat jalanan jadi macet atau merepotkan bahkan membahayakan pengguna jalan lainnya. Tunggu saat sepi dan pilih lokasi aman.
  • Jaga jarak saat membuat foto hingga tidak terjadi kerumunan dan menjadi contoh atau membawa pesan: foto aman di masa pandemi COVID-19.

Komentar