facebook

Ketua IMI Tunjukkan Mobil Presiden Mercedes-Benz 500SEL, Spesifikasinya Setara Milik Kepala Negara Amerika Serikat

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Ketua IMI Tunjukkan Mobil Presiden Mercedes-Benz 500SEL, Spesifikasinya Setara Milik Kepala Negara Amerika Serikat
Bambang Soesatyo atau diakrabi sebagai Bamsoet dukung National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) [NMAA].

Koleksi satu ini benar-benar seru, pernah mengantar-jemput kepala negara.

Suara.com - Ketua MPR RI sekaligus Ketua Ikatan Motor Indonesia atau IMI, Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet kondang sebagai seorang petrolhead alias pencinta berat dunia otomotif.

Salah satu kategori koleksinya adalah mobil klasik, di mana baru-baru ini ia mengunggahnya ke media sosial. Tentu saja sebuah unit luar biasa, yaitu kendaraan yang pernah digunakan seorang Presiden RI, Soeharto.

"Presiden Kedua Republik Indonesia Bapak Soeharto, menggunakan beberapa merek kendaraan sebagai mobil kepresidenan. Mulai dari Cadillac Fleetwood 75 Limousine, Mercedes-Benz S Class, dan Mercedes-Benz G Class," tulis Bamsoet sebagaimana dikutip Suara.com.

Pelat nomor khusus dan fungsi safety pengamanan mobil kepresidenan ini sungguh keren  [Instagram: bambang.soesatyo].
Pelat nomor khusus dan fungsi safety pengamanan mobil kepresidenan ini sungguh keren [Instagram: bambang.soesatyo].

Salah satu yang cukup menarik perhatian, menurut Bamsoet adalah Mercedes-Benz 500SEL yang spesifikasinya sama denganmilik Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Ratu Inggris, Queen Elizabeth II.

Baca Juga: Rolls-Royce Black Badge Ghost Debut di Indonesia, Suguhkan Alter Ego Gaya Edgy dan Pemberani

Mobil ini memiliki kaca anti-peluru, bodi tahan ledakan, sampai ban khusus seperti pesanan Presiden Rusia Boris Yeltsin

Di masa kepemimpinan Presiden Soeharto, mobil kepresidenan yang sering dipakai adalah Mercedes-Benz 500SEL. Mobil ini memiliki spesifikasi keamanan tingkat tinggi. Pernah digunakan Presiden Bill Clinton hingga Ratu Elizabeth II.

"Mobil Kepresidenan Soeharto telah dilengkapi kaca antipeluru. Belum lagi pada bagian bodi dilapisi baja dan platina hitam, sehingga tahan serangan mortir dan guncangan," terangnya.

Untuk urusan spesifikasi, Mercedes-Benz 500SEL mengusung mesin M117.963 delapan silinder berkapasitas 5L, yang mampu melaju hingga kecepatan 220 km per jam. Pada 1994, Presiden Soeharto mengganti mobil kepresidenannya menjadi Mercedes-Benz S600.

Mercedes-Benz 500SEL yang spesifikasinya sama dengan milik Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Ratu Inggris, Queen Elizabeth II [Instagram: bambang.soesatyo].
Mercedes-Benz 500SEL yang spesifikasinya sama dengan milik Presiden Amerika Serikat Bill Clinton dan Ratu Inggris, Queen Elizabeth II [Instagram: bambang.soesatyo].

Di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, sejak 2009 mobil kepresidenannya adalah Mercedes-Benz S600 Pullman Guard Limousine buatan Jerman. Ukuran lebih pendek daripada Buick 8 Bung Karno.

Baca Juga: Hitam Mengilap Semulus Grand Piano, Rolls-Royce Black Badge Ghost Segera Tiba di Indonesia?

Di era Presiden Joko Widodo, mobil Kepresidenan RI Mercedez-Benz yang digunakan memiliki lapisan baja resistensi Eropa B6/B7 tahan serangan senjata standar militer, hingga granat tangan ataupun bahan peledak lainnya.

Komentar