facebook

5 Tanda Komstir Motor Bermasalah, Pengguna Roda Dua Wajib Tahu

Cesar Uji Tawakal
5 Tanda Komstir Motor Bermasalah, Pengguna Roda Dua Wajib Tahu
Ilustrasi komstir motor bermasalah. (Federal Oil)

Komstir (steering head) adalah komponen penting yang ada pada setang motor. Komstir bermasalah dapat mengganggu kenyamanan. Nah, berikut ini tanda komsitr motor bermasalah

Suara.com - Komstir (steering head) adalah komponen penting yang ada pada setang motor. Keberadaan komstir ini bukan hanya berpengaruh pada kenyamanan, tapi juga keselamatan berkendara. Jika terjadi  masalah pada komponen ini, maka bisa menganggu kenyamanan dan keselamatan berkendara. Adapun tanda komstir motor bermasalah yakni sebagai berikut

Mungkin masih ada sebagian pengendara yang belum tahu komponen ini dan apa saja tandanya jika bermasalah, sehingga tak jarang pengendara lebih fokus ke komponen lainnya saat melakukan pengecekan motor yang bermasalah.

Lantas, apa saja tanda komstir motor bermasalah? Dihimpun dari berbagai sumber, simak berikut ini tanda-tandanya yang perlu diketahui para pengendara motor.

1. Stang Tidak Stabil

Baca Juga: The Best 5 Oto: Toyota Hyryder Tenaga Hybrid, Porsche 963 Terjun di Daytona, Ford Siapkan Mobil Listrik Generasi Baru

Jika Anda merasakan stang kurang stabil, ini bisa menjadi salah satu tanda bahwa ada masalah pada komstir motor Anda. Saat mengendarai motor, biasanya stang akan sedikit sulit untik diajak berbelok stang atau sulit dikendalikan, bahkan sedikit melawan.

2. Stang Menjadi Berat

Tanda lainnya yang perlu Anda perharikan untuk mengetahui bahwa komstir bermasalah yaitu stang menjadi berat. Pada situasi tertentu, komstir yang bermasalah bisa menimbulkan putaran stang jadi berat saat bermanuver. Selain itu, handling motor juga terasa kaku. Ini membuat pengendara kesulitan saat berbelok.

 3. Stang Bersuara

Tanda lainnya komstir bermasalah yang juga perlu Anda perhatikan yaitu munculnya suara di bagian sektor stang, khususnya saat sedang berkendara melewati jalan yang bergelombang atau saat menekan rem mendadak. Hal tersebut menjadikan hilangnya kestabilan pada komstir sehingga dudukan stang terasa oblak.

Baca Juga: Perhatikan Fuel Dilution yang Membuat Fungsi Pelumas Sepeda Motor Menurun

4. Stang Terasa Getaran 

Umumnya saat sedang mengendari motor pada keceparan tinggi, Anda akan merasakan pada bagian stang. Bahkan getaran pada bagian stang ini bisa sangat terasa hingga ke seluruh badan. Ini berbeda dengan getaran yang diakibatkan oleh masalah pelek.

5. Rem Terasa Blong

Komstir yang bermasalah dapat membuat adanya jarak atau gap atau jarak saat Anda menggunakan rem bagian depan. Hal ini mengakibatkan jarak pengereman berubah, bahkan seolah terasa rem mengalami blong karena tidak lagi pakem saat digunakan.

Demikian informasi mengenai beberapa tanda komstir motor bermasalah. Jika Anda motor Anda mengalami beberapa tanda seperti yang disebutkan di atas, segera perbaiki agar tetap memberikan Anda kenyamanan dan keselamatan saat berkendara.

Kontributor : Ulil Azmi

Komentar