JAW 2023 Bakal Pentas Maret, Sodorkan Konsep AUTOMOTIVE X Lifestyle

RR Ukirsari Manggalani
JAW 2023 Bakal Pentas Maret, Sodorkan Konsep AUTOMOTIVE X Lifestyle
Jakarta Auto Week atau JAW 2022 [Gaikindo/Seven Events].

Pameran diharapkan mampu menjadi pendorong penjualan secara masif.

Suara.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau GAIKINDO bersama dukungan Kementerian Perindustrian, terus mengupayakan faktor pendorong yang akan menciptakan penjualan secara masif. Yaitu dengan kembali menyelenggarakan pameran otomotif Jakarta Auto Week (JAW).

Dikutip dari rilis resmi Gaikindo sebagaimana diterima Suara.com, JAW 2023 akan berlangsung 11-19 Maret 2023, di Jakarta Convention Center (JCC).

Pekan lalu (27/9/2022), GAIKINDO mengadakan launching rencana gelaran ini, di Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Taufiek Bawazier, Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE)  memimpin jalannya acara.  Dengan hadirin Hendro Martono, Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP), GAIKINDO, serta berbagai brand anggota GAIKINDO. Yaitu Chery, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Porsche, Subaru, Suzuki, Toyota, serta Wuling.

Jakarta Auto Week 2022 yang dibuka Sabtu (12/3/2022) mendapatkan kunjungan dari Dirjen Hubdat dan Dirjen ILMATE [Seven Events]
Jakarta Auto Week 2022 yang dibuka Sabtu (12/3/2022) mendapatkan kunjungan dari Dirjen Hubdat dan Dirjen ILMATE [Seven Events]

Taufiek Bawazier, Dirjen ILMATE dalam sambutannya menyatakan apresiasi bahwa industri otomotif Indonesia tetap tumbuh tinggi pada semester kedua tahun ini.

Baca Juga: GIIAS 2022 Berhasil Jual 1.274 Unit BEV, GAIKINDO Tingkatkan Jenis dan Jumlah Kendaraan Bermotor Listrik Indonesia

Pada Triwulan II 2022, perekonomian Indonesia menunjukkan pertumbuhan positif 5,44 persen (Year on Year, atau YoY). Pertumbuhan ini ditopang sektor industri pengolahan Non Migas yang mengalami pertumbuhan 4,33 persen (YoY) dan untuk sektor industri alat angkut mengalami pertumbuhan sebesar 7,35 persen (YoY). Dan industri otomotif menjadi kontributor utama terhadap sektor industri alat angkutan.

Dirjen ILMATE juga menekankan pentingnya penyelenggaraan pameran untuk terus mendorong faktor produktivitas dan memberikan edukasi bagi masyarakat luas.

"Penyelenggaraan JAW 2023 diharapkan dapat menjadi katalis pengungkit dari faktor produktivitas dalam peningkatan nilai tambah sektor industri," paparnya.

Dengan diselenggarakannya JAW Taufik Bawazier mengharapkan semakin banyak anggota masyarakat mengenal perkembangan industri otomotif. Serta berharap industri otomotif Indonesia bisa terus menjadi pahlawan devisa bagi negara pada 2023.

Baca Juga: Baru Saja Dikenalkan Lewat GIIAS 2022, Pembeli Sudah Dapatkan The All-New Subaru BRZ

JAW 2023 mengusung konsep yang akan menjadi magnet penyelenggaraannya, dengan memadukan produk terbaru dari industri otomotif dengan konsep lifestyle. Disebut sebagai JAW 2023 AUTOMOTIVE X Lifestyle, acara siap menampilkan variasi produk dan jasa otomotif dipadukan otomotif lifestyle. Juga mengemas atmosfer festive dengan sentuhan entertainment di sepanjang penyelenggaraannya.

"JAW dikonsepkan untuk memperkuat penjualan industri otomotif Indonesia, JAW 2023 akan mengembangkan identitas baru, juga akan memadukannya dengan perkembangan tren lifestyle masyarakat," jelas Rizwan Alamsjah, Ketua III sekaligus Ketua Penyelenggara pameran GAIKINDO.