Jelang WSBK Mandalika 2022: Sirkuit Resmi Lulus Homologasi Grade B

RR Ukirsari Manggalani
Jelang WSBK Mandalika 2022: Sirkuit Resmi Lulus Homologasi Grade B
Race 1 WSBK Mandalika 2021 ditunda akibat cuaca ekstrem [Laman resmi World Superbike]

Sore tadi Sirkuit Mandalika lulus mengantongi homologasi untuk menggelar WSBK Mandalika 2022.

Suara.com - Gelaran World Superbike atau WSBK Mandalika 2022 akan dipentaskan 11-13 November 2022, Federasi Internasional Balap Sepeda Motor atau FIM menyatakan Pertamina Mandalika International Street Circuit, Lombok, Nusa Tenggara Barat resmi mendapatkan homologasi Grade B.

Dikutip dari kantor berita Antara, Direktur utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA), Priandhi Satria dalam keterangan tertulisnya di Praya menyatakan bahwa pada Kamis (10/11/2022) FIM dan Dorna selaku penyelenggara WSBK telah melintasi Sirkuit Mandalika. Mereka melihat dari sisi safety terutama bagian-bagian yang dilakukan improvement mulai dari kerb, run off dan terutama permukaan lintasan itu sendiri.

Tim FIM tengah meninjau kondisi lintasan Sirkuit Mandalika menggunakan mobil [ANTARA/Humas MGPA].
Tim FIM tengah meninjau kondisi lintasan Sirkuit Mandalika menggunakan mobil [ANTARA/Humas MGPA].

"Tim homologasi telah beberapa kali mengitari sirkuit dan melakukan simulasi timing dan mengecek permukaan lintasan dan hari ini, Kamis (10/11/2022) resmi telah dicoba," jelas Priandhi Satria.

Selain itu beberapa rider juga telah melakukan track familiarization. Terkait masukan dari para rider disampaikan kepada Dorna selaku penyelenggara ajang balap dan FIM selaku pemberi homologasi untuk ajang balap roda dua.

Baca Juga: Banjir Bandang Terjang Bima, Satu Orang Tewas

Sorenya FIM mengeluarkan homologasi Grade B dan memenuhi requirements sehingga WSBK Mandalika 2022 bisa dimulai 11-13 November.

Nantinya menjelang ajang MotoGP, FIM akan datang lagi memeriksa tentunya harapan MGPA adalah mendapatkan homologasi Grade A untuk MotoGP. 

Dengan FIM memberikan homologasi grade B ini artinya masukan dari para menyangkut hal minor saja, karena permukaan lintasan masih baru. Sehingga wajar belum lengket karena pembalap masih belum mencoba sirkuit habis-habisan. Hanya baru satu dua motor super kencang masuk lintasan.

"Dengan berjalannya waktu di mana besok sudah dimulai latihan bebas maka trek akan semakin membaik," kuncinya.

Baca Juga: Smelter AMIN Penyumbang Investasi Terbesar Nusa Tenggara Barat di Tahun 2022