Seminar Toyota Indonesia dan Institut Teknologi Bandung Sebutkan Kunci Keberhasilan Mencapai NZE 2060 di Indonesia

RR Ukirsari Manggalani
Seminar Toyota Indonesia dan Institut Teknologi Bandung Sebutkan Kunci Keberhasilan Mencapai NZE 2060 di Indonesia
Dalam seminar di Bandung bersama Toyota Indonesia dan civitas academica ITB, hadir Staf Khusus Menko Perekonomian Bidang Pengembangan Industri dan Kawasan Ir. I Gusti Putu Surya Wirawan, Rektor ITB Prof. Ir. Reini Wirahadikusumah, M.SCE., Ph. D., Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Ir. Warih Andang Tjahjono M.T.. Juga Civitas Akademika Para Pengajar ITB Prof. Dr. Ir. Drajad Irianto, M.Eng. dan Dr. Ir. Agus Purwadi, M.T., serta Dr. Indra Chandra Setiawan S.T. M.T. dari Toyota Daihatsu Engineering Manufacturing Co. Ltd., (TDEM) [Toyota Indonesia].

Toyota Indonesia mendukung seminar nasional berbagai perguruan tinggi Nasional dengan tema besar menuju era elektrifikasi.

Suara.com - Toyota Indonesia bersama civitas akademika Institut Teknologi Bandung (ITB) menggelar seminar "Strategi Transisi Pengembangan xEV Menuju NZE dan Manajemen Unit in Operation (UIO) di Indonesia".

Dikutip dari rilis resmi Toyota Indonesia sebagaimana diterima Suara.com, Toyota Indonesia sebelumnya telah mendukung penyelenggaraan rangkaian aktivitas tiga Seminar Nasional di berbagai Perguruan Tinggi Indonesia. Bertema besar100 Tahun Industri Otomotif Indonesia Mewujudkan NZE di Indonesia di tiga lokasi universitas nasional.

Pertama digelar di Universitas Diponegoro (UNDIP) di Semarang (25/5/2022), mengangkat tema "Komitmen Indonesia terhadap Net Zero Emission, Kontribusi Masing-Masing Sektor dan Tantangannya".

Kemudian yang kedua, Toyota Indonesia berkolaborasi dengan civitas akademisi Universitas Udayana (UNUD) di Bali (27/7/2022) bertemakan "Bali untuk Pariwisata Hijau & Berkelanjutan Menuju Net Zero Emission di Indonesia". Serta tahap ketiga, Toyota bergabung bersama Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) di Surabaya (11/10/2022) mengambil tema "Transisi Energi Baru Terbarukan Menuju Net Zero Emission (NZE) dan Tantangannya".

Baca Juga: Kabupaten Sumedang bakal Uji Coba Alat Pendeteksi Pergerakan Tanah di Cadas Pangeran

Fasilitas xEV Center Toyota di Karawang, Jawa Barat. [ANTARA/Ade Irma Junida].
Fasilitas xEV Center Toyota di Karawang, Jawa Barat. Juga memiliki sektor pengembangan mobil elektrifikasi bersama pihak-pihak akademisi seperti universitas dan institut di Indonesia [ANTARA/Ade Irma Junida].

Kekinian, di ITB pada Kamis (1/12/2022), dalam tahap keempat lebih mengarah kepada pemahaman dan peningkatan pengetahuan civitas akademisi, mahasiswa generasi muda, serta masyarakat pada umumnya. Yaitu tentang pendekatan multi-pathway sesuai kebutuhan konsumen yang beragam dan strategi manajemen UIO yang ada, sangat berperan penting dalam mereduksi emisi untuk mencapai NZE (Net Zero Emosion).

Untuk mencapai kebutuhan konsumen dan berbagai pengembangan dari lini Energi Baru dan Terbarukan (EBT), strategi transisi dan manajemen UIO juga menjadi sebuah bagian integral dan kunci keberhasilan untuk mencapai NZE di Indonesia.

Dalam seminar di Bandung bersama Toyota Indonesia dan civitas academica ITB, hadir Staf Khusus Menko Perekonomian Bidang Pengembangan Industri dan Kawasan Ir. I Gusti Putu Surya Wirawan, Rektor ITB Prof. Ir. Reini Wirahadikusumah, M.SCE., Ph. D., Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Ir. Warih Andang Tjahjono M.T.. Juga Civitas Akademika Para Pengajar ITB Prof. Dr. Ir. Drajad Irianto, M.Eng. dan Dr. Ir. Agus Purwadi, M.T., serta Dr. Indra Chandra Setiawan S.T. M.T. dari Toyota Daihatsu Engineering Manufacturing Co. Ltd., (TDEM).

"Kehadiran rangkaian seminar nasional ini diharapkan dapat menjawab berbagai tantangan era elektrifikasi," ungkap Direktur Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Bob Azam di Bandung.

"Dan mendorong terciptanya strategi yang komprehensif guna mengakomodir beragamnya kebutuhan kendaraan elektrifikasi yang lengkap dan ramah lingkungan dengan tetap memperhatikan tujuan menurunkan emisi karbon dan memastikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," lanjutnya.

Baca Juga: Toyota Indonesia Catat Rekor Ekspor Sepanjang 2022, 297 Ribu Unit Dikirim ke 80 Negara Lebih

Seminar ini juga diharapkan memberikan kontribusi nyata untuk bersama-sama merealisasikan target pemerintah dalam mengurangi emisi karbon di Indonesia.

Dan Toyota Indonesia senantiasa berkomitmen untuk terus menyediakan berbagai teknologi elektrifikasi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan di Indonesia.

Sederet pilihan kendaraan hemat bahan bakar, bahan bakar terbarukan, sampai teknologi elektrifikasi yaitu Hybrid Electric Vehicle (HEV), Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV), Battery Electric Vehicle (BEV) hingga hidrogen disuguhkan.

Dengan semakin beragamnya pilihan kendaraan hijau di Indonesia, Toyota berharap akan bisa dengan cepat mereduksi emisi karbon di langit Indonesia, seperti yang sudah ditargetkan pemerintah pada 2060.