Konsumsi Daging Kambing Bagus Untuk Darah Rendah?

Poptren

Senin, 08 Agustus 2022 | 00:00 WIB
Konsumsi Daging Kambing Bagus Untuk Darah Rendah?
Ilustrasi Daging Kambing - Tak Perlu Panik, Ini 7 Penawar Setelah Makan Daging Kambing (Pixabay)

Poptren.suara.com – Apakah kamu pernah dengar tentang cara meningkatkan tekanan darah dalam tubuh dengan mengkonsumsi daging kambing?

Jika kamu pernah dengar tentang itu, kita bahas yuk! Apalagi dari sisi medisnya.

Simak penjelasan berikut ini ya, yang dirangkum dari laman hellosehat.com

Apakah daging kambing baik untuk darah rendah?

Kebalikan dari hipertensi, tekanan darah rendah juga dapat disebut dengan “hipotensi”, dimana kondisi ini terjadi saat tekanan darah berada di bawah normal. Dan hal ini menunjukkan bahwa tubuh tidak dapat suplai darah sesuai kebutuhannya.

Ada banyak gejala yang dialami ketika seseorang mengalami hipotensi, seperti pusing, bahkan sampai pingsan.

Nah, sekarang pertanyaannya? Banyak orang yang percaya bahwa daging kambing dapat menyebabkan darah tinggi, oleh sebab itu orang yang mengalami hipotensi mengkonsumsi daging kambing agar tekanan darahnya kembali normal.

Namun, apakah hal ini benar adanya? Dan faktanya, manfaat daging kambing untuk darah rendah tidak terbukti medis. Bahkan studi dalam Asian-Australasian Journal of Animal Sciences (2014), penelitian itu menyatakan bahwa daging kambing tidak menyebabkan peningkatan tekanan darah.

Jika ada yang setelah mengkonsumsi daging kambing dan tekanan darahnya naik, bisa jadi dan umumnya ini diakibatkan oleh pengolahan daging yang kurang tepat.

baca juga

Jika daging kambing diolah dengan cara digoreng atau dibakar dengan minyak yang berlebih, maka akan meningkatkan kadar lemak jenuh di dalam daging tersebut.

Sehingga, lemak jahat ini dapat memicu penumpukan lemak pada pembuluh arteri. Dan akhirnya, resiko tekanan darah tinggi atau hipertensi meningkat.

Apakah pasien darah rendah boleh makan daging kambing?

Tidak masalah jika orang yang memiliki tekanan darah rendah mengkonsumsi daging kambing. Tapi, kamu harus ingat bahwa ini bukan untuk mengobati kondisi kamu.

Di lain sisi, daging kambing menjadi sumber vitamin B12 yang baik. Dan, diketahui jika kekurangan vitamin B12 menjadi salah satu penyebab tekanan darah rendah.

Disaat tubuh kekurangan vitamin B12, tubuh akan sedikit memproduksi sel darah merah. Sehingga, kamu beresiko terkena anemia.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Terkait

Tetap Kurus Walaupun Makan Banyak? Jangan Senang Dulu, Tetap Berisiko Alami Kolesterol Tinggi, Lho!

Tetap Kurus Walaupun Makan Banyak? Jangan Senang Dulu, Tetap Berisiko Alami Kolesterol Tinggi, Lho!

Health | Jum'at, 05 Agustus 2022 | 08:37 WIB

Kolesterol Tinggi Juga Bisa Memengaruhi Mata, Kenali 4 Tanda Utamanya!

Kolesterol Tinggi Juga Bisa Memengaruhi Mata, Kenali 4 Tanda Utamanya!

Health | Selasa, 02 Agustus 2022 | 15:17 WIB

4 Tanda Darah Rendah pada Anak, Parents Wajib Tahu!

4 Tanda Darah Rendah pada Anak, Parents Wajib Tahu!

Your Say | Senin, 01 Agustus 2022 | 08:19 WIB

Terkini

Sederet Kritik soal Proyek Utopis Bahasa Asing Prabowo Sejak SD, Beban Siswa hingga Anggaran

Sederet Kritik soal Proyek Utopis Bahasa Asing Prabowo Sejak SD, Beban Siswa hingga Anggaran

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:04 WIB

Yuk Nikmati Liburan Seru ke Pantai Selatan Yogyakarta Bareng PORTA

Yuk Nikmati Liburan Seru ke Pantai Selatan Yogyakarta Bareng PORTA

Jogja | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:01 WIB

Gempa NTT: Warga Kepulauan Selayar Mengungsi ke Dataran Tinggi Usai Lihat Air Laut Surut Tiba-tiba

Gempa NTT: Warga Kepulauan Selayar Mengungsi ke Dataran Tinggi Usai Lihat Air Laut Surut Tiba-tiba

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 10:01 WIB

Desa Sejahtera Astra Les dan Iklim Pendidikan Mandiri yang Tak Melulu Bertumpu Pemerintah

Desa Sejahtera Astra Les dan Iklim Pendidikan Mandiri yang Tak Melulu Bertumpu Pemerintah

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:57 WIB

Bukan Hanya di Lapangan, Ini Cara Komunitas Digital Rayakan 17-an

Bukan Hanya di Lapangan, Ini Cara Komunitas Digital Rayakan 17-an

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:54 WIB

BNPB: Jauhi Pantai Pasca-Gempa Bumi NTT

BNPB: Jauhi Pantai Pasca-Gempa Bumi NTT

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:50 WIB

Ramalan Zodiak 15 Agustus 2026: Virgo Dapat Keberuntungan, Libra Perlu Menenangkan Hati

Ramalan Zodiak 15 Agustus 2026: Virgo Dapat Keberuntungan, Libra Perlu Menenangkan Hati

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:34 WIB

BMKG NTT: Kabar Gempa Susulan Besar Pukul 09.00 WITA Hoaks, Jangan Percaya!

BMKG NTT: Kabar Gempa Susulan Besar Pukul 09.00 WITA Hoaks, Jangan Percaya!

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:26 WIB

Gempa Bumi NTT di Mbay Robohkan Tembok Rumah dan Rusak Pelabuhan Maumere

Gempa Bumi NTT di Mbay Robohkan Tembok Rumah dan Rusak Pelabuhan Maumere

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:24 WIB

Huawei MatePad Pro Max (2026): Tablet Super Tipis yang Serius Mengajak Laptop Pensiun

Huawei MatePad Pro Max (2026): Tablet Super Tipis yang Serius Mengajak Laptop Pensiun

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 09:20 WIB

×