GenDigital Berbagi Ilmu Teknologi pada Anak-anak Kurang Mampu

Fabiola Febrinastri
GenDigital Berbagi Ilmu Teknologi pada Anak-anak Kurang Mampu
Melakukan program kode kini bisa dipelajari cuma-cuma [Shutterstock].

Tujuannya untuk membentuk sumber daya manusia yang andal dan melek teknologi.

Suara.com - Era globalisasi mendorong pemerintah Indonesia untuk menggunakan beragam teknologi dalam melaksanakan pembangunan, salah satunya adalah membangun dan membentuk sumber daya manusia yang andal dan melek teknologi.

Berangkat dari niat yang tulus, yaitu keinginan untuk membantu anak-anak kurang mampu di Jakarta belajar teknologi, Isaac Edwin Winoto dan 3 orang teman mendirikan GenDigital. Kelompok ini terdiri dari sekelompok pelajar SMA Ipeka Integrated Christian School yang memiliki keinginan dan visi yang sama untuk berbagi Ilmu mengenai teknologi dan logika berpikir.

“Awal ide didirikannya komunitas ini adalah karena kami melihat banyak anak usia 8 – 11 tahun (generasi Alpha) di sekeliling kami, yang memiliki keinginan besar untuk belajar teknologi namun terbentur dengan tidak adanya fasilitas di rumah,” ujar Isaac Edwin Winoto, Founder GenDigital.

"Untuk memperluas jangkauan anak-anak tentang teknologi, kami bekerja sama dengan Wahana Visi mengadakan kegiatan Hour of Code setiap bulan. Hour of Code adalah gerakan International yang bertujuan untuk mengajarkan materi dasar coding kepada siapapun, tua, muda, laki-laki dan perempuan," tambahnya.

Hour of Code adalah belajar coding dengan menggunakan aplikasi interaktif dan menarik untuk anak-anak, seperti Lightbot dan Scratch Jr, yang diajarkan dalam jangka waktu 1-2 jam. GenDigital tidak hanya mengajar di depan kelas, namun menggabungkan berbagai kegiatan dan permainan menarik yang berhubungan dengan topik yang dipelajari, agar anak-anak tidak jenuh dan bosan.

Untuk gadget, GenDigital bergotong royong menyiapkan dan meminjamkan peralatan tersebut kepada adik-adik bimbingnya. Saat ini GenDigital telah rutin mengajar di Bimbel Setia, proses belajar coding dilakukan setiap Sabtu pagi.

GenDigital juga menambahkan aktifitas digital yang seru, seperti VR (Virtual Reality) dan AR (Augmented Reality), supaya adik-adik yang dibimbing terinspirasi dan mengerti tentang produk digital terbaru. Di akhir setiap modul, anak-anak tersebut diharapkan sudah mampu membuat proyek akhir berupa animasi atau game yang akan mereka tampilkan di depan orang tua mereka.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS