Gofar Hilman Cari Bakat Penyanyi Lewat Ajang Karaoke

Ferry Noviandi
Gofar Hilman Cari Bakat Penyanyi Lewat Ajang Karaoke
Gofar Hilman. (Instagram/ @pergijauh)

Gofar Hilman mencari bibit penyanyi berbakat lewat kompetisi karaoker bertajuk KAC atau #KaraokeAnthemChallenge.

Suara.com - Karaoke menjadi salah satu hobi masyarakat Indonesia dari dulu hingga kini. Bahkan anak-anak milenial saat begitu menggandrungi karaoke dan hobi iutu semakin menggeliat dan digandrungi di ruang publik.

Menariknya, karaoke tak lagi hanya dilakukan di bilik-bilik tertutup, namun merambah ke area yang lebih terbuka seperti klub, pensi, konser, hingga festival musik besar.

Gofar Hilman bersama OomLeo Berkaraoke. [YouTube]
Gofar Hilman bersama OomLeo Berkaraoke. [YouTube]

Fenomen ini rupanya menjadi perhatian tersendiri bagi penyiar radio Gofar Hilman. Dalam program "Ngobam" alias Ngobrol Bareng Musisi di channel Youtube miliknya, Gofar menghadirkan salah satu pelopor musisi karaoke di Indonesia, OomLeo Berkaraoke. Mereka mengulik secara mendalam tentang kegandrungan generasi muda saat ini untuk ikut berkaraoke dalam sebuah pertunjukan musik.

"Kultur karaoke itu sebetulnya Indonesia banget. Orang Indonesia itu suka bernyanyi. Kalau dulu ada namanya nembang, kemudian ada orgen tunggal, kemudian berkembang diiringi band live music, dan segala macam. Nah sekarang semakin difasilitasi dengan adanya minus one, ada lirik di situ, maka munculah karakter asli orang Indonesia yaitu suka nyanyi," ungkap OomLeo Berkaraoke, yang memiliki nama asli Narpati Awangga dalam perbincangan "Ngobam" yang dirilis pada 10 November lalu.

Soal karaoke, di Jakarta tumbuh fenomena baru yang sifatnya sangat khas Indonesia, yaitu bernyanyi melantunkan lagu dalam sebuah kebersamaan dalam acara kekinian yang sering disebut karaoke night. Pada akhirnya kultur urban ini berkembang menjadi gerakan yang bertajuk “Karaoke Anthem”.

"Makanya sekarang yang lebih ngetren itu video lirik, bukan video klip. Semua musisi sekarang bikinnya video lirik, karena semua orang jadi paham liriknya dan bisa ikut nyanyi," Gofar menimpali.

Berangkat dari akar filosofi karaoke tersebut, Gofar Hilman dan rekannya, seorang DJ dari band Kasper kemudian berinisiatif menggelar KAC atau #KaraokeAnthemChallenge.

Narpati Awangg alias OomLeo Berkaraoke. [YouTube]
Narpati Awangg alias OomLeo Berkaraoke. [YouTube]

KAC dirancang menjadi sebuah program untuk generasi muda menyalurkan ambisi dan bakat mereka bernyanyi. Nantinya akan ada event bulanan yang diberi nama KAS atau #KontesAduSinging, yang perdananya akan diadakan pada 21 November 2019 di KILO Lounge, Gunawarman, Jakarta.

KAS atau #KontesAduSinging diharapkan akan menjadi ajang pilihan dari pencari bakat dan masyarakat untuk bertemu dengan para "Karaoke Anthem Superstars" yang akan bermunculan seiring dengan berkembangnya sub-kultur "Karaoke Anthem".

"Gue dan OomLeo sepakat bahwa karaoke adalah kultur Indonesia. Buat lo yang enggak sepakat sama kami atau enggak suka karaoke, lo mendingan datang nanti di Karaoke Anthem Challenge tanggal 16 November di Indoestri Makerspace dan tanggal 21 November di Kilo Lounge. Follow juga akun Instagram @wearekasper," tutur Gofar Hilman.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS