Komitmen Daewoong untuk Kembangkan SDM dan Tenaga Medis Lokal

Silfa Humairah Utami
Komitmen Daewoong untuk Kembangkan SDM dan Tenaga Medis Lokal
Komitmen Daewoong untuk Kembangkan SDM dan Tenaga Medis Lokal. (Dok Daewoong)

Apa saja komitmen Daewoong bagi Indonesia untuk kembangkan SDM dan tenaga medis lokal

Suara.com - Komitmen Daewoong untuk Kembangkan SDM dan Tenaga Medis Lokal

Kontribusi Daewoong untuk Indonesia tidak terhenti pada kegiatan bakti sosial layanan kesehatan Firefighter Health Initiative untuk petugas pemadam kebakaran (damkar) DKI Jakarta pada 24-25 Oktober lalu. Nyatanya, relasi dan kerja sama Daewoong dengan tenaga medis Indonesia telah terjalan cukup lama dan terjalin erat melalui Daewoong Foundation.

Memiliki komitmen dalam pengembangan sumber daya manusia secara global dan sebagai yayasan yang berkontribusi pada peningkatan kesehatan nasional serta pengembangan teknologi medis, Daewoong Foundation memberikan dukungan beasiswa kepada tenaga medis, mahasiswa kedokteran dan farmasi melalui berbagai macam program yang senantiasa dilakukan dalam beberapa tahun ini.

Sejak 2011, Daewoong telah mengundang tenaga medis muda dan berbakat dari Indonesia ke Korea untuk mendapatkan pelatihan dan mendalami teknologi medis terbaik sehingga mereka dapat menerapkannya di Indonesia.

Program pelatihan tersebut meliputi tunjangan dana penelitian, dukungan penelitian klinis maupun akademis, konsultasi penelitian, dan memberikan kesempatan untuk mengikuti konferensi-konferensi akademis kepada tenaga medis yang sampai sekarang telah diikuti oleh 150 orang tenaga medis.

Pada tahun berikutnya, Daewoong semakin melebarkan komitmennya dengan menyasar mahasiswa-mahasiswi terbaik jurusan kedokteran dan farmasi dari universitas ternama seperti Universitas Indonesia dan ITB dengan memberikan beasiswa guna meningkatkan potensi sumber daya manusia pada bidang kesehatan. Terhitung kurang lebih terdapat 500 mahasiswa penerima beasiswa sebagai wujud kontribusi Daewoong mengembangkan teknologi farmasi di Indonesia melalui pencarian talenta lokal berbakat yang berfokus dalam kegiatan pembelajaran.

Professor Ahn Jaesung dari Chungnam National University Hospital yang turun langsung dalam mengawasi pelaksanaan kegiatan ini mengungkap harapannya agar kerja sama kontribusi Daewoong untuk Indonesia bisa berjalan secara berkelanjutan.

“Saya rasa bakti sosial ini sangat bermakna karena saya sendiri dapat berpartisipasi untuk berkontribusi pada rakyat Indonesia bersama dengan para ahli medis Indonesia terbaik yang pernah saya bimbing melalui program dari Daewoong Foundation. Saya berharap kegiatan pertukaran di bidang medis antara Korea dan Indonesia dapat terus dikembangkan melalui program bakti sosial media jangka panjang dan kegiatan pertukaran akademis secara berkelanjutan,” ujarnya dalam siaran pers yang dikirimkan pada Suara.com.

Melengkapi kontribusi Daewoong bagi Indonesia, pada Oktober lalu Daewoong telah menandatangani kontrak kerja sama dengan Universitas Indonesia untuk mengembangkan laboratorium Bio-Analisis senilai 3 (tiga) milliar rupiah. Daewoong Foundation juga berencana memperluas investasi pada bidang bio-analisis dan dengan pembangunan laboratorium bio-analisis di UI pada 2020 mendatang, diharapkan dapat mengembangkan infrastruktur dalam pertumbuhan bioindustri di Indonesia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS