Pentingnya Vaksin Flu di Era New Normal

Iwan Supriyatna
Pentingnya Vaksin Flu di Era New Normal
Ilustrasi anak terkena flu. (Sumber: Shutterstock)

Vaksin untuk perlindungan saluran nafas atas seperti vaksin flu dan vaksin pneumonia.

Suara.com - Indonesia sudah mulai menerapkan kebijakan baru yang disebut dengan “new normal” di mana pada masa pandemi Covid-19 ini aktivitas publik kembali dilakukan secara normal dengan protokol kesehatan tertentu.

Dalam fase ini, berbagai tempat publik seperti pusat perbelanjaan, beberapa sekolah hingga perkantoran kembali dibuka dan masyarakat diperbolehkan beraktivitas di luar rumah.

Perjalanan dalam dan luar negeri juga perlahan mulai berjalan normal dengan menerapkan sejumlah persyaratan, yang diantaranya adalah menunjukkan surat keterangan bebas gejala seperti influenza (influenza-like illness) yang dikeluarkan oleh Dokter Rumah Sakit bagi daerah yang tidak memiliki fasilitas Tes PCR dan/atau Rapid-Test.

Terkait dengan situasi “new normal” di atas, banyak orangtua sangat khawatir jika anak-anak mereka dapat tertular virus Covid-19 saat sedang di luar rumah, khususnya di sekolah. Para orang tua pun harus lebih memperhatikan kesehatan anak-anaknya.

Selain menerapkan protokol kesehatan seperti mencuci tangan dan memakai masker, strategi terbaik orang tua untuk melindungi anak-anak dari penularan Covid-19 ini adalah dengan meningkatkan imunitas.

Meningkatkan imunitas dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya adalah vaksinasi. Hal ini disampaikan oleh Ikatan Dokter Anak Indonesia agar orangtua segera membawa anaknya untuk mendapatkan vaksinasi, terutama vaksin rutin dan juga vaksin-vaksin untuk perlindungan saluran nafas atas seperti vaksin flu dan vaksin pneumonia.

Hal serupa disampaikan oleh Satgas Imunisasi Dewasa bahwa pemberian vaksinasi untuk saluran nafas memberikan perlindungan secara tidak langsung terhadap infeksi Covid19.

Influenza merupakan salah satu penyakit yang sangat mudah menular. Bila tubuh kita tertular flu, makan daya tahan tubuh kita pun akan melemah sehingga lebih rentan terkena infeksi penyakit lainnya seperti Covid 19.

Pemberian vaksin influenza bisa melindungi seseorang dari virus Influenza, hal ini juga bermanfaat untuk menghindari kerancuan gejala yang mirip dengan covid19. Selain juga bermanfaat mencegah biaya yang tidak perlu dari pemeriksaan kesehatan terutama tes Covid-19 ketika muncul gejala seperti penyakit flu.

Seperti kita ketahui, gejala yang muncul pada penderita COVID-19 seringkali serupa dengan gejala flu biasa seperti demam, batuk kering, hingga kelelahan.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS