alexametrics

Lensa Academy 2021 Episode 4 Hadirkan Fotografer Nicoline Patricia

Ferry Noviandi
Lensa Academy 2021 Episode 4 Hadirkan Fotografer Nicoline Patricia
Nicole Patricia menjadi narasumber di acara workshop fotografi Lensa Academy 2021. [dokumentasi pribadi]

Menurut Nicoline Patricia, Lensa Community menjadi salah satu motor penggerak bagi para pecinta fotografi agar terus berusaha menghasilkan karya yang terbaik.

Suara.com - Lensa Community kembali menggelar acara workshop fotografiLensa Academy 2021, yang keempat dan terakhir untuk tahun ini. Acara yan berlangsung secara daring ini berlangsung pada 14 November 2021 dan dihadiri 500 pecinta seni foto dari penjuru Indonesia.

Yang spesial, Lena Academy keempat ini menghadirkan narasumber seorang fashion photographer kelas dunia Nicoline Patricia. Dara kelahiran Surabaya, Jawa Timur ini berbagi ilmu dan pengalaman seputar seluk beluk dunia fashion photography di panggung internasional

Sebelumnya di episode pertama pada Februari lalu, Lensa Academy menghadirkan content creator Chandra Liow, yang berbagi rahasia dalam menghasilkan karya-karya out of the box sehingga dapat menuai prestasi. Di episode kedua pada Juli lalu, sineas ternama Dimas Djay yang menjadi narasumber dalam workshop bertajuk "Cooking Ideas Before Action".

Lensa Academy 2021 yang digagas oleh Lensa Community. [dokumentasi pribadi]
Lensa Academy 2021 yang digagas oleh Lensa Community. [dokumentasi pribadi]

Sedangkan di episode ketiga yang berlangsung September lalu menghadirkan Bill Satya yang berbagi ilmu tentang fotografi jalanan dalam tema "Become Street Specialist".

Pemilihan tema serta narasumber yang berkelas sebagai bentuk komitmen Lesa Community yang ingin memberikan insipirasi dan ide-ide kreatif baru bagi para pelaku seni audio visual di Indonesia.

"Melalui Lensa Academy, kami ingin menggali lebih banyak talenta dan potensi para pecinta visual yang ada di seluruh negeri dengan cara berbagi pengalaman dan menimba ilmu dari para narasumber yang merupakan expertise yang sangat profesional di bidangnya," ujar Perwakilan Lensa Community, Sigit Diopsaputra selaku penyelenggara, seperti dalam keterangan resmi yang diterima Suara.com.

Dalam workshop bertema "World-Class Short Recipe" ini, Nicoline Patricia membagi pelatihan menjadi dua sesi. Pada sesi pertama menguraikan seluk beluk fashion photography kepada para peserta. Di sesi kedua, Nicoline memberikan gambaran lebih utuh dengan menggelar Live On-Set, yakni praktik langsung pemotretan fashion photography bersama para model.

Menurut Nicoline, Lensa Community menjadi salah satu motor penggerak bagi para pecinta fotografi agar terus berusaha menghasilkan karya yang terbaik. Melalui workshop Lensa Academy, Nicoline juga optimis talenta-talenta fotografi di Indonesia semakin tergugah untuk membuat karya yang lebih kreatif.

Nicoline Patricia memalkukan praktik pemotretan di acara workshop Lensa Academy 2021. [dokumentasi pribadi]
Nicoline Patricia memalkukan praktik pemotretan di acara workshop Lensa Academy 2021. [dokumentasi pribadi]

"Dunia fotografi itu sangat luas. Sampai saat ini, saya pun masih terus belajar dalam bidang fotografi karena akan selalu ada ilmu baru. Terima kasih kepada Lensa Community yang membuat program yang menarik ini. Lewat workshop, mereka, khususnya para fotografer mempunyai wadah untuk proses bertumbuh dan berpikir kreatif. Mendengar insight fotografer lain juga merupakan pembelajaran berharga bagi kita," kata Nicoline Patricia.

Tidak hanya workshop, Lensa Academy juga menantang para peserta mengikuti Lensa Challenge dengan tema #SimplicityRedefined. Nicoline menantang para peserta workshop untuk kembali ke dasar ilmu fotografi yaitu fofografer, model dan lighting. Tanpa properti tambahan, peserta dituntut untuk menghasilkan karya foto yang bercerita dengan teknik yang mumpuni.

Hasil karya para peserta yang mengikuti tantangan ini akan diumumkan secara live di Instagram @lensacommunity pada 28 November 2021. Para pemenang yang berhasil terpilih akan mendapatkan total hadiah senilai Rp 9,5 juta.