facebook

Sumber Karbohidrat Sehat, Multigrain Bisa Jadi Pilihan Mereka yang Tengah Mengatur Pola Diet

Fabiola Febrinastri
Sumber Karbohidrat Sehat, Multigrain Bisa Jadi Pilihan Mereka yang Tengah Mengatur Pola Diet
Ilustrasi kacang-kacangan. (Shutterstock)

Nasi atau beras bukan satu-satunya sumber karbohidrat.

Suara.com - Nasi menjadi kebutuhan pokok sebagian besar masyarakat Indonesia. Rasanya belum makan, jika belum ketemu nasi.

Mindset seperti ini justru sering menimbulkan kesalahan dalam pengaturan asupan gizi harian, sehingga asupan karbohidrat berlebihan. Tidak jarang kita temukan dalam menu makanan, sumber karbohidrat bertemu dengan karbohidrat lagi, misalnya makan mi instan dengan nasi. Akhirnya, asupan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh menjadi double.

Nasi atau beras bukan satu-satunya sumber karbohidrat, kita bisa memperoleh asupan karbohidrat dari sumber lainnya seperti jagung, gandum, kentang, ubi dan lainnya. Salah satu yang sedang popular saat ini dan juga memiliki nilai gizi yang beragam adalah multigrain.

Jika nasi berasal dari satu jenis biji-bijian yaitu beras, maka multigrain bersumber dari biji-bijian, serelia dan kacang-kacangan yang tidak hanya menjadi sumber karbohidrat, namun juga tinggi protein, tinggi serat dan mineral.

Makanan sehat multigrain. (Dok: Istimewa)
Makanan sehat multigrain. (Dok: Istimewa)

“Multigrain yang bersumber dari berbagai jenis biji-bijian membuat pangan ini tidak hanya menjadi sumber karbohidrat, tetapi juga beberapa jenis tinggi protein dan beberapa lainnya tinggi serat, sehingga lebih bermanfaat untuk kesehatan kita," ujar ahli gizi, Seala Septiani, S.Gz, M. Gizi, dalam Seminar Online Multigrain : Sereal Sehat Disukai Milenials.

Ia menambahkan, banyak penelitian terkini menunjukan hubungan yang signifikan antara konsumsi multigrain dengan penurunan kadar gula darah, kolesterol serta perbaikan sistem pencernaan. Hal ini sangat berhubungan dengan kandungan serat yang tinggi pada multigrain, yang berdampak baik pada pencernaan di dalam tubuh.

“Melihat tingginya kasus diabetes dan penyakit jantung di Indonesia, mungkin budaya konsumsi multigrain di Indonesia perlu ditingkatkan,” saran Seala.

HH Multigrain menjadi jawaban yang tepat bagi masyarakat Indonesia yang ingin memulai budaya hidup sehat. HH Multigrain diformulasikan dari biji-bijian dan kacang-kacangan aneka warna yang kaya serat, protein dan antioksidan.

Komposisi HH Multigrain mewakili 6 warna fitonutrien yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan serat tidak larut di dalam HH multigrain membantu melancarkan sistem pencernaan, sedangkan kandungan serat larut (beta glucan) sangat baik untuk mengontrol gula darah dan kolesterol jika diikuti pengaturan pola makan yang tepat.

Kabar baiknya, satu takaran saji HH Multigrain (1 sachet) hanya 100 kkal, sehingga juga sangat cocok untuk yang sedang melakukan pengaturan pola makan dengan tujuan penurunan berat badan. Pilihan ini cocok bagi mereka yang ingin beralih ke gaya hidup yang lebih sehat, agar tubuh bisa terhindar dari berbagai penyakit, khususnya yang berhubungan dengan pencernaan.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS