Marc Marquez: Karakteristik RC213V akan Mudahkan Adaptasi Lorenzo

Rully Fauzi | Arief Apriadi
Marc Marquez: Karakteristik RC213V akan Mudahkan Adaptasi Lorenzo
Dua rider papan atas Spanyol, Marc Marquez (kiri) dan Jorge Lorenzo yang akan menjadi rekan setim di Repsol Honda per MotoGP 2019 (JOSE JORDAN / AFP)

Marc Marquez dan Jorge Lorenzo bakal jadi rekan setim di Repsol Honda musim depan.

Suara.com - Rider Repsol Honda, Marc Marquez, percaya pebalap Ducati, Jorge Lorenzo, akan lebih mudah beradaptasi dengan Honda dibanding saat dirinya hijrah dari Yamaha ke Ducati.

Seperti diketahui, Lorenzo, rider Spanyol pengoleksi tiga gelar juara dunia MotoGP, resmi menerima pinangan Honda. Pebapap berusia 31 tahun akan jadi rekan setim Marquez di Repsol Honda per MotoGP 2019, menggantikan Dani Pedrosa.

Marquez yang selama ini menjalin rivalitas cukup sengit dengan Lorenzo, terutama saat dirinya masih membela Yamaha, ternyata menyambut positif prospek kerjasama dengan X-Fuera -julukan Lorenzo.

Berbicara jelang gelaran MotoGP Catalunya 2018 yang akan dihelat Minggu (17/6/2018) malam WIB, Marquez meyakini ada kesamaan karakteristik antara motor Ducati dengan motor Honda, RC213V. Karena itu, Lorenzo dinilainya tak akan sulit beradaptasi dengan Honda.

"Anda tak akan pernah tahu. Honda adalah motor yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan Yamaha, tapi karakteristik Honda cukup dekat dengan Ducati," ucap Marquez, seperti dilansir dari Motorsport.

"Hal itu akan membantunya beradaptasi, karena Jorge datang dari Ducati," sambung pebalap berjuluk The Baby Alien.

Lorenzo sendiri terkenal dengan gaya balapnya yang 'halus' di Yamaha. Saat memutuskan pindah ke Ducati pada 2017, X-Fuera cukup kesulitan mengimbangi karakteristik motor Desmosedici kebanggaan Ducati yang super agresif.

Meski akhirnya mampu sedikit menjinakkan Desmosedici, di mana Lorenzo berhasil menjuarai MotoGP Italia 2018 belum lama ini, masa depan Lorenzo di Ducati sudah terlanjur suram. Ia pun resmi hengkang dari pabrikan Italia itu selepas MotoGP 2018, dan merapat ke Repsol Honda musim depan.

Marquez sendiri siap menyambut sang kompatriot dengan tangan terbuka. "Yang terpenting adalah memiliki rekan yang kuat. Hal itu akan menaikkan level tim. Penting memiliki pebalap yang penuh pengalaman yang bisa memberi banyak informasi bagus buat tim," tukas juara dunia MotoGP 2017 tersebut.

loading...
loading...
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS