H-11 Asian Games, Polda Metro Bekuk Ribuan Jambret dan Begal

Rizki Nurmansyah | Chyntia Sami Bhayangkara
H-11 Asian Games, Polda Metro Bekuk Ribuan Jambret dan Begal
Kapolri Jenderal Tito Karnavian saat ditemui di Auditorium PTIK Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/8/2018). [Suara.com/Chyntia Sami Bhayangkara]

Sejak dua bulan lalu kepolisian rutin menggelar Operasi Cipta Kondisi untuk mengamankan perhelatan Asian Games.

Suara.com - Polda Metro Jaya amankan lebih dari 1.000 pelaku jambret dan begal yang kerap beraksi di Jakarta, dalam rangka pengamanan jelang bergulirnya Asian Games 2018.

Hal itu disampaikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Auditorium PTIK, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Selasa (7/8/2018).

Tito mengatakan, sejak dua bulan lalu pihak kepolisian rutin menggelar Operasi Cipta Kondisi.

Baca Juga: Mengenal Simone Julia, Atlet Jiu Jitsu Blasteran Kanada - Indonesia

Upaya ini dilakukan guna menumpas kejahatan jalanan atau street crime.

"Kerawanan konvensional sedang diminimalisir mulai dari copet, jambret, begal dan lain-lain. Laporan dari Polda Metro lebih dari 1.000 tersangka diamankan," ujar Tito.

Tito menjelaskan, tercatat ada ribuan tersangka atas kasus sama pencurian atau jambret yang tersebar di berbagai wilayah.

Sebagian besar dari mereka pun telah diamankan oleh Polsek dan Polres setempat.

"Belum lama di Jawa Barat juga menangkap lebih dari 1.000 pelaku street crime. Kita juga akan terus rutin menggelar Operasi Cipta Kondisi," ungkap Tito.

Baca Juga: Begini Kiat Pesilat Cantik Wewey Wita Usir Gugup Jelang Asian Games

Tito juga berharap semua pihak dapat membantu kelancaran dan kesuksesan penyelenggaraan yang tersisa 11 hari lagi (H-11) akan bergulir tersebut.

Peran masyarakat, lanjut Tito, menjadi sangat penting dalam menjaga kondusifitas pelaksanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Setiap orang yang merasa bangsa Indonesia harus berkontribusi. Kalau tidak mendukung, artinya berkhianat terhadap bangsa," pungkas Tito.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS