alexametrics

Dapat Izin, Bintang NBA Ini Siap Tampil di Asian Games 2018

Rizki Nurmansyah
Dapat Izin, Bintang NBA Ini Siap Tampil di Asian Games 2018
Pebasket Jordan Clarkson (tengah), saat masih memperkuat LA Lakers, mencoba melakukan tembakan saat melawan Detroit Pistons dalam ajang NBA. [AFP/Robyn Beck]

"NBA memberikan satu kali pengecualian untuk Asian Games bagi Jordan Clarkson," ujar Presiden SBP Al Panlilio.

Suara.com - Impian bintang NBA, Jordan Clarkson, memperkuat tim basket Filipina di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang akhirnya terwujud.

Pihak NBA dan tim barunya, Cleveland Cavaliers, memberinya izin untuk tampil pada perhelatan olahraga terbesar se-Asia tersebut.

Kepastian boleh tampilnya Clarkson membela tim basket Filipina di Asian Games 2018 disampaikan Presiden Asosiasi Bola Basket Filipina (SBP) Al Panlilio.

Baca Juga: Asian Games : Mobil Pribadi Masuk GBK, Erick Thohir Naik Pitam

"Pihak NBA memberikan satu kali pengecualian untuk Asian Games bagi Jordan Clarkson dan dua pemain dari Cina," ujar Al Panlilio, dilansir dari ESPN, Rabu (15/8/2018).

Panlilio sendiri mendapat kabar diizinkannya Clarkson tampil di Asian Games 2018 dari COO dan Wakil Komisaris NBA Mark Tatum melalui sambungan telepon.

Pihak NBA sendiri melalui pernyataan tertulisnya menjelaskan alasan hanya memberikan satu kali pengecualian izin pada ketiga pemain NBA tersebut tampil di Asian Games 2018.

Sejatinya, Asian Games tak masuk dalam daftar kesepakatan antara NBA dan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) terkait turnamen yang boleh diikuti para pemain NBA.

"Kesepakatan NBA dengan FIBA menetapkan bahwa pemain NBA dapat berpartisipasi dalam Olimpiade, Piala Dunia Basket FIBA, kompetisi Piala Kontinental dan turnamen kualifikasi terkait."

"Karena Asian Games bukan salah satu dari kompetisi tersebut, pemain NBA yang terikat kontrak tidak dapat berpartisipasi di dalamnya."