Pembukaan AG Berlangsung Meriah, Dibuka Aksi Kebut-kebutan Jokowi

Rully Fauzi | Adie Prasetyo Nugraha
Pembukaan AG Berlangsung Meriah, Dibuka Aksi Kebut-kebutan Jokowi
Presiden Joko Widodo mengendarai sepeda motor pada Upacara Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018) malam. [INASGOC/Dhoni Setiawan/ANTARA FOTO]

Aksi Jokowi mencuri perhatian.

Suara.com - Opening Ceremony alias Upacara Pembukaan Asian Games 2018 yang dihelat di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) berlangsung meriah. Presiden RI, Joko Widodo pun membuka acara dengan aksi yang sangat memukau. 

Bagaimana tidak, Jokowi melakukan aksi naik sepeda motor sampai ke panggung acara pembukaan. Pembukaan Asian Games 2018 sendiri berlangsung mulai sekitar pukul 19.00 WIB. Acara dibuka dengan cuplikan menyoal aksi Jokowi.

Dari Istana Negara, orang nomor satu di Indonesia itu ditampilkan melewati jalan-jalan Ibu Kota dengan menggunakan sepeda motor. Pada satu titik, Jokowi sempat mempersilakan anak-anak sekolah berseragam pramuka untuk menyeberang jalan.

Setelah itu, Jokowi diperlihatkan memacu kembali sepeda motornya, bahkan dengan aksi-aksi yang ekstrem. Dalam cuplikan video, Jokowi kemudian digambarkan masuk ke arena SUGBK. Jokowi yang menggunakan jas dan helm hitam di atas kuda besinya lantas benar-benar memasuki stadion dan melintas naik ke tribun VIP. Sang presiden pun mengawali pembukaan Asian Games 2018.

Sajian tari Rarkemudian menjadi hiburan berikutnya. Sekira 1.600 penari wanita dari kalangan pelajar membawakan tarian tersebut sambil menyanyikan lagu berjudul "Assalamualaikum". Lagu tersebut mewakili Indonesia sebagai negara yang masyarakatnya mayoritas muslim.

Berlatar panggung megah yang menampilkan pemandangan gunung dan tumbuhan ciri khas Indonesia, para penari memukau puluhan ribu penonton di GBK.

Performance tarian tersebut pun menyuntikkan semangat penonton yang sebelumnya sudah tidak sabar menanti upacara pembukaan Asian Games 2018.

Pesta kembang api menyemarakkan Upacara Pembukaan Asian Games ke-18 Tahun 2018, di Stadion Utama GBK, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8). [INASGOC/Akbar Nugroho Gumay/hp/18]
Pesta kembang api menyemarakkan Upacara Pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Sabtu (18/8/2018) malam. [INASGOC/Akbar Nugroho Gumay/ANTARA FOTO]

"Indonesia..Indonesia..Indonesia," berkali-kali diteriakkan penonton seisi GBK.

Presiden Joko Widodo yang hadir juga dieluk-elukan penonton. "Jokowi.. Jokowi.. Jokowi," namanya menggema di GBK.

Kemudian gempita musik penuh energi menyambut para atlet dari 44 negara Asia partisipan Asian Games yang mulai memasuki SUGBK.

Para pembawa papan nama negara yang mengenakan busana yang terinpirasi dari Garuda kemudian memimpin barisan para atlet untuk memasuki stadium.

Saat kontingen Korea masuk, yang merupakan gabungan Korea Utara dan Korea Selatan, penonton pun menyambut dengan meriah dan tepuk tangan.

Pembukaan Asian Games 2018 memang menjadi momen bersejarah bagi bangsa Korea. Sebab, kontingen Korea Selatan dan Korea Utara berparade dalam satu rombongan dengan membawa bendera Korea Bersatu.

Selain Korea Bersatu, kontingen dari negara-negara lainnya, termasuk Indonesia tentunya juga ikut berparade di Upacara Pembukaan Asian Games 2018 ini.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS