Ingin Naturalisasi Pemain, Pelatih Timnas Indonesia Dekati Kore

Syaiful Rachman | Arief Apriadi
Ingin Naturalisasi Pemain, Pelatih Timnas Indonesia Dekati Kore
Pelatih Tim Nasional (Timnas) basket putra Indonesia, Fictor Gideon Roring saat menghadiri perayaan hari jadi Satria Muda Pertamina Jakarta ke-25 di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (14/11/2018). [Dok. Satria Muda]

Pelatih timnas tengah mencari pemain bertubuh besar untuk memperkuat Indonesia di SEA Games 2019.

Suara.com - Pelatih Tim Nasional (Timnas) basket putra Indonesia Fictor Gideon Roring , membuka peluang menjadikan legiun asing Pelita Jaya Basketball, Kore White , sebagai pemain naturalisasi. Kehadiran Kore dinilai bisa menambah kekuatan timnas di SEA Games 2019 .

Kabar bakal dinaturaliasainya Kore White memang sudah berhembus kencang seiring bergabungnya pebasket kelahiran Amerika Serikat itu dalam skuat timnas Indonesia di ajang William Jones Cup 2018. Saat itu Kore berstatus sebagai pemain asing.

Bersama Kore White, Indonesia bisa dibilang terlihat tampil lebih baik. Menghadapi Korea Selatan, tim Merah-Putih mampu memberi perlawanan sengit dan hanya kalah dengan selisih angka tipis yakni 86-92.

"Kita sedang rayu Kore White. Kita kan tawarkan saja siapa tahu dia bisa bantu Indonesia tahun depan. Sebenarnya sih bukan Kore saja, tetapi lebih ke figur pemain yang berpostur besar, siapapun itu," ujar Fictor Roring di kawasan Kuningan, Jakarta, Rabu (14/11/2018) malam WIB.

Pelatih yang akrab disapa Ito itu juga menyebut dirinya telah melakukan pendekatan pribadi kepada Kore White, dan sang pemain kabarnya menyambut positif gagasan naturalisasi tersebut.

Namun, kata Ito, perihal naturalisasi bukanlah hal yang sederhana. Dirinya hanya bisa membantu secara pendekatan personal, namun perubahan status kewarganegaraan tetap ditangan pemerintah, salah satunya Kemenpora.

"Saya pernah berbicara sama Kore secara pribadi. Masih wacana memang ada peluang dan dia juga berminat dinaturalisasi," ujar Ito.

Selain Kore, mantan pemain Satria Muda ini juga membuka peluang untuk menaturalisasi pemain asing lainnya. Perbasi juga disebut Ito ambil bagian dalam memuluskan langkah tersebut.

"Ada wacana Perbasi mau naturalisasi Brian Williams, tetapi itu juga belum pasti. Saya juga masih mencari pemain yang berbadan besar lain," tukasnya.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS