F1 GP Abu Dhabi 2018: Raikkonen Out, Selamat Berpisah Alonso !

RR Ukirsari Manggalani
F1 GP Abu Dhabi 2018: Raikkonen Out, Selamat Berpisah Alonso !
Dari kiri ke kanan: driver Ferrari asal Jerman, Sebastian Vettel (2), driver Mercedes asal Inggris Lewis Hamilton (1) dan driver Red Bull asal Belanda, Max Verstappen (3) merayakan podium setelah GP F1 Abu Dhabi di sirkuit Yas Marina (25/11/2018) [AFP/Andrej Isakovic].

Edisi pergantian tahun ini menorehkan keharuan tersendiri bagi para pelaga.

Suara.com - Bagaimana para pelaga pentas balap single seater paling dahsyat di muka bumi, Formula One (F1) mengakhiri musim kompetisi 2018? Sirkuit Yas Marina, Arab Emirat (UAE) menjadi saksi seri pamungkas GP F1 Abu Dhabi 2018.

Tahun silam, pemirsa bisa menyaksikan Pangeran Harry Wales Mountbatten - Windsor ditanyai apakah Lewis Hamilton (Mercedes) dibolehkan membuat ekshibisi 360 derajat yang dikenal sebagai "donut".

"I'd said yes!" cetus Sang Pangeran pada saat itu, dan disambung tawa.  Hamilton pun langsung melakukan eksekusi membuat putaran sekencang-kencangnya di atas aspal.

Lantas bagaimana dengan tahun ini?

Di seri pamungkas F1 2018, ada tiga driver melakukan aksi donut ini. Siapa lagi bila bukan peraih tiga podium teratas, yaitu Lewis Hamilton, Sebastian Vettel (Ferrari), serta Max Verstappen (Red Bull).

Balap berlangsung cukup seru, di mana Nico Hulkenberg (Renault) mengalami tabrakan dengan Romain Grosjean (Haas) di saat start. Jet daratnya menabrak pengaman serta menimbulkan percikan api. Lewat radio ia menyatakan minta segera dikeluarkan dari kokpit, sementara Grosjean menanyakan apakah Hulkenberg baik-baik saja.

Kondisi ini membuat Safety Car, Mercedes-Benz AMG GT R bersama driver Bernd Maylander mengamankan lap kedua. Lap keempat dilakukan restart dan Lewis Hamilton kembali memimpin berdasarkan formasi akhir sebelum kedatangan Safety Car.

Patut digarisbawahi dalam seri pamungkas F1 2018 ini adalah kurang berhasilnya para driver yang turun berlaga terakhir kali dengan tim lama untuk bisa tampil maksimal.

Sebutlah Kimi Raikkonen yang tahun depan bertarung atas nama tim Sauber, harus berhenti mengaspal di lap ketujuh. Atau Fernando Alonso (McLaren) yang gantung helm F1 tahun depan hanya mampu meraih posisi ke-11. Sementara Daniel Ricciardo (Red Bull) menempati podium keempat di bawah mitra satu tim, Max Verstappen.

Meski demikian, Chris Horner, boss Red Bull menyemangati, seperti dikutip dari harian Telegraph, "Adalah benar-benar sebuah kebanggaan bagi tim untuk bersamamu selama lima tahun. Kami akan merindukanmu, jadi sekarang nikmati saja putaran perlahan setelah balap berakhir."

Perlu dicatat pula, di seri pamungkas ini, lajang berpaspor Australia itu genap turun mengaspal untuk ke-100 kalinya.

Di race-day Minggu (25/11/2018), Fernando Alonso meraih gelar Driver of The Day. Ia disambut oleh salah satu petinggi McLaren, Zac Brown, yang kepada harian Telegraph menyatakan, "Fernando Alonso siap merebut gelar Triple Crown (sebuah prestasi yang melibatkan kejuaraan F1, dan balap ketahanan, serta IndyCar) dan tahun depan ia turun balap di Indy500 bersama tim McLaren. Kami sudah tidak sabar menunggu!"

Sementara Lewis Hamilton yang merajai GP F1 Abu Dhabi 2018 memberikan komentar,"Benar-benar sebuah kehormatan bisa berlaga di era yang sama dengan Fernando Alonso. Dunia balap akan merindukannya, seperti saya juga merindukan dia untuk balap bersama kami."

"Tahun-tahun terakhir adalah saat berat bagi Fernando Alonso, kami kehilangan dia, dan pasti merindukannya," imbuh Sebastian Vettel yang berada di podium kedua.

Race Result F1 GP Abu Dhabi 2018 seperti dilansir dari formula1.com

No  Driver                         Tim       Waktu
1 Lewis Hamilton    Mercedes 1:39:40.382
2 Sebastian Vettel   Ferrari            +2,581
3 Max Verstappen    Red Bull      +12,706
4 Daniel Ricciardo   Red Bull      +15,379
5 Valtteri Bottas       Mercedes    +47,957
6 Carlos Sainz            Renault       +72,548
7 Charles Leclerc      Sauber        +90,789
8 Sergio Perez            Force India +91,275
9 Romain Grosjean   Haas                 +1 lap
10 Kevin Magnussen Haas                +1 lap


Klasemen Akhir Driver F1 2018

No.  Driver               Poin

1 Lewis Hamilton   408
2 Sebastian Vettel  320
3 Kimi Räikkönen   251
4 Max Verstappen   249
5 Valtteri Bottas       247
6 Daniel Ricciardo  170
7 Nico Hulkenberg   69
8 Sergio Perez            62
9 Kevin Magnussen  56
10 Carlos Sainz          53

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS