Cedera Bahu Parah, Dokter Heran Marquez Bisa Jadi Juara Dunia MotoGP

Rizki Nurmansyah
Cedera Bahu Parah, Dokter Heran Marquez Bisa Jadi Juara Dunia MotoGP
Selebrasi Marc Marquez usai memastikan diri menjadi juara dunia MotoGP 2018 setelah memenangi balapan MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Minggu (21/10/2018). [AFP/Martin Bureau]

Mir menjelaskan tulang humerus Marquez, yang menghubungkan bahu ke siku, bisa keluar ke segala arah.

Suara.com - Dr. Xavier Mir, salah satu dokter yang menangani operasi bahu kiri juara dunia MotoGP 2018 Marc Marquez, mengatakan operasi yang berlangsung, Selasa (4/12/2018), lalu lebih rumit dari perkiraan.

Pasalnya, kata Mir, tingkat kerusakan pada sendi Marquez terbilang parah. Dia pun heran Marquez bisa menjadi juara dunia dengan cedera bahu yang parah.

"Saya hampir tidak bisa memercayai bagaimana Marquez bisa memenangkan gelar juara dunia dengan kondisi seperti itu," kata Mir, dikutip dari Marca, Jumat (7/12/2018).

Mir menjelaskan tulang humerus Marquez, yang menghubungkan bahu ke siku, bisa keluar ke segala arah.

Untuk itu, dibutuhkan operasi terbuka pada tulang dan perbaikan pada ligamen.

"Siapapun tidak bisa menjamin keberhasilan 100 persen, tapi setelah operasi, bahkan saat Marquez tertidur, kami melakukan tes kestabilan...menggerakkan bahu ke segala arah dan tidak lagi terjadi pergeseran," papar Mir.

"Itu pertanda baik, karena saat dia bangun, otot-otot akan menahan tulang pada posisinya dengan lebih baik," Mir menambahkan.

Marc Marquez mem-posting kondisinya yang terbaring di rumah sakit pasca operasi bahu kiri. [Instagram@marcmarquez93]
Marc Marquez mem-posting kondisinya yang terbaring di rumah sakit pasca operasi bahu kiri. [[email protected]]

Marc Marquez menjalani operasi bahu kiri di Rumah Sakit Universitari Dexeus, Barcelona, Spanyol. Masalah dislokasi bahu kiri sering dialami Marquez sepanjang kompetisi MotoGP 2018.

Kini, Marquez berpacu dengan waktu untuk memulihkan cedera sebelum kembali menunggangi motor Honda RC213V pada tes pramusim 2019 di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 6-8 Februari mendatang.

Baca Juga
Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS