Fictor Roring Buka Peluang Rivaldo Gabung Timnas Indonesia

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Fictor Roring Buka Peluang Rivaldo Gabung Timnas Indonesia
Pemain Timnas Basket 3x3 Indonesia, Rivaldo Tandra Pangesthio (kiri). [Instagram@RivaldoTandra]

Rivaldo tercatat masih menjadi pemain inti Timnas Basket 3x3 Indonesia.

Suara.com - Pelatih Timnas Basket Indonesia, Fictor Gideon Roring membuka peluang bagi para talenta muda untuk tampil di SEA Games 2019. Salah satu nama yang jadi sorotan adalah Rivaldo Tandra Pangesthio.

Rivaldo merupakan penggawa Timnas Basket 3x3 Indonesia. Dia kerap kali membela Merah Putih di pentas dunia, seperti FIBA 3x3 World Cup 2017 di Nantes, Prancis.

Penampilan apik atlet 22 tahun itu banyak diperbincangkan oleh pecinta basket Tanah Air. Namun, selepas memperkuat Timnas Basket 3x3 Indonesia di Asian Games 2018, namanya seakan menghilang.

Ya, Rivaldo kini tak lagi bermain bersama klub profesional. Sempat menandatangani kontrak bersama klub papan atas Indonesia Basketball League (IBL), yakni Satria Muda Pertamina Jakarta, pebasket asal Pontianak itu memutuskan hengkang.

Meski kini tengah vakum dari dunia basket profesional, Fictor Roring tetap membuka peluang bagi Rivaldo untuk memperkuat Timnas Indonesia di SEA Games 2019 nanti.

Pelatih yang akrab disapa Ito itu tak menampik bahwa Timnas Indonesia membutuhkan jasa pemain serba bisa yang salah satunya ada dalam diri Rivaldo.

"Saya rasa tidak masalah dia bermain di IBL atau tidak. Selama kemampuannya layak masuk tim, pasti saya panggil," ujar Fictor Gideon Roring saat ditemui di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Namun, meski terkesan tak memiliki klub profesional, Rivaldo tak serta-merta bisa direkrut sebagai pemain timnas. Sebab, Rivaldo tercatat masih menjadi pemain inti Timnas Basket 3x3 Indonesia.

Pada 5 September lalu, dirinya juga memperkuat tim Merah Putih di ajang FIBA 3x3 U-23 National League Stop 6 yang berlangsung di Cyberjaya, Malaysia.

"Saya tidak bisa memaksakan pemain. Jika dia lebih ingin bermain di 3x3, silakan. Kondisi seperti ini cukup merepotkan juga bagi kami karena stok pemain juga tidak banyak," tukas Fictor Roring.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS