Senang Ahok Bebas, Legenda Tinju Indonesia: Dia Sosok Pemberani dan Lurus

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Legenda tinju Indonesia yang juga mantan pemegang sabuk juara dunia kelas bulu WBA (Super), Chris John. [AFP/Simin Wang]
Legenda tinju Indonesia yang juga mantan pemegang sabuk juara dunia kelas bulu WBA (Super), Chris John. [AFP/Simin Wang]

Ahok bebas murni usai ditahan sejak 9 Mei 2017 setelah dinyatakan terbukti bersalah atas kasus penodaan agama.

Suara.com - Legenda tinju Indonesia, Chris John mengaku turut senang dengan bebasnya Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Menurutnya, mantan gubernur DKI Jakarta itu sosok pemberani dan legowo dalam menjalani hukuman penjara.

Seperti diketahui, Ahok telah menghirup udara bebas pada, Kamis (24/1/2019). Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Cipinang menyatakan Ahok bebas pukul 07.00 WIB.

Urusan administrasi pembebasan Ahok diurus di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat. Ahok bebas usai ditahan di Mako Brimob selama 1 tahun 8 bulan 15 hari.

Ahok bebas murni usai ditahan sejak 9 Mei 2017 setelah dinyatakan terbukti bersalah atas kasus penodaan agama.

"Ya saya senang, saya mengacungkan jempol dan salut pada beliau. Beliau mampu menghadapi tuntutan hukumnya dengan gagah berani. Semua orang tahu dia adalah sosok pemberani," ujar Chris John saat dihubungi Suara.com, Kamis (24/1/2019).

Ahok bebas. (Tim BTP)
Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih dikenal dengan panggilan Ahok, bebas murni setelah menjalani hukuman penjara di Mako Brimob, Kelapa Dua, Kamis (24/1/2019). (Tim BTP)

Chris John yang kini meniti karier di dunia politik bersama Partai Nasional Demokrat (NasDem), melihat Ahok sebagai sosok yang lurus dan benar.

Mantan atlet tinju berusia 39 tahun itu pun berharap selepas bebas dari penjara, Ahok bisa memberikan sumbangsihnya kepada masyarakat, seperti kala masih menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta.

"Kita tahu, beliau adalah sosok yang memang lurus, dia ingin semanya lurus, benar. Dan dia juga menerapkan hukum kasih, dia perhatikan sekelilingnya juga, siapa yang membutuhkan dia pasti utamakan itu," ujar Chris John.

"Saya sih kurang tahu kedepan rencana beliau seperti apa, apakah beliau masih ingin berkiprah di dunia politik atau tidak?"

"Tapi memang banyak harapan dari masyarakat yang pro dia untuk dia bisa tetap membantu kelangsungan pemerintahan saat ini agar lebih baik lagi," imbuh mantan petinju berjuluk The Dragon.

Chris John kini tengah sibuk mempersiapkan diri dalam menghadapi gelaran Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019. Tergabung di Partai NasDem, Chris John terdaftar sebagai caleg DPR daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah.

Ahok berkumpul dengan keluarga dan Bripka Puput. (Tim BTP)
Ahok berkumpul dengan keluarga dan Bripka Puput. (Tim BTP)

Sementara itu, sepekan jelang pembebasannya, Ahok sempat menuliskan surat khusus yang diunggah timnya di akun Twiter dan Instagram pribadinya.

Salah satu isi dari surat tersebut adalah terkait panggilan baru. Ahok menyatakan ingin dipanggil dengan nama BTP, yang merupakan singkatan dari namanya, Basuki Tjahaja Purnama.

Komentar

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS