Sebelum Mandalika, Ini 5 Sirkuit Jalanan yang Pernah Gelar Ajang MotoGP

Angga Roni Priambodo | Praba Mustika
Sebelum Mandalika, Ini 5 Sirkuit Jalanan yang Pernah Gelar Ajang MotoGP
Proyek pengembangan pesisir Mandalika yang diusulkan menjadi lokasi balapan MotoGP di Mandalika, Lombok, Sabtu (23/3).[ARSYAD ALI/AFP]

Sirkuit Mandalika akan mulai gelar MotoGP pada tahun 2021 mendatang.

Suara.com - Sirkuit Mandalika di Nusa Tenggara Barat (NTB) akan jadi tuan rumah di MotoGP tahun 2021 di Indonesia. Yang hebat, Sirkuit Mandalika akan jadi satu-satunya lintasan balap MotoGP yang mengusung konsep street circuit di era modern. Tapi jauh sebelum sirkuit Mandalika, ada beberapa street circuit, yang pernah menggelar MotoGP. Sirkuit mana saja itu?

Dilansir dari berbagai sumber, Selasa (12/3/2019) setidaknya ada lima street circuit, yang pernah jadi tempat adu cepat para rider MotoGP. Ya, meski kebanyakan, sirkuit tersebut digunakan di era 50-70an.

1. Montjuic Circuit (1950-1968)

Jalanan di Gunung Montjuic yang Digunakan Sebagai Sirkuit. (WikiVisually)
Jalanan di Gunung Montjuic yang Digunakan Sebagai Sirkuit. (WikiVisually)

Sebelum sirkuit Jerez, Spanyol, sirkuit Montjuic merupakan sirkuit yang diutus untuk mewakili negara Spanyol di perhelatan MotoGP. Street circuit sepanjang 3.79 kilometer ini, juga menyelenggarakan Formula One atau F1, Sob.

Sirkuit Montjuic yang berkonsep sirkuit jalan raya (street circuit) ini terletak di gunung Montjuic, Barcelona.

2. Hedemora Circuit (1958)

Sirkuit Hedemora, Swedia. (Silhouet)
Sirkuit Hedemora, Swedia. (Silhouet)

Salah satu negara Skandinavia, Swedia, ternyata juga pernah ambil bagian dalam gelaran MotoGP. Street circuit Hedemora yang memiliki panjang lintasan 7.24 kilometer ini, hanya pernah sekali menyelenggarakan balap motor MotoGP, yaitu pada 1958.

3. Kristiandstad Circuit (1959, 1961)

Sirkuit Kristianstad, Swedia. (Silhouet)
Sirkuit Kristianstad, Swedia. (Silhouet)

Setelah sirkuit Hedemora hanya sekali menyelenggarakan MotoGP, sirkuit jalan raya Kristianstad jadi penerusnya nih, Sob.

Juga berada di Swedia, street circuit Kristianstad menyelenggarakan MotoGP pada 1959 dan 1961. Sayang, tidak begitu banyak informasi terkait sirkuit sepanjang 6.5 kilometer ini.

4. San Carlos Circuit (1977-1979)

Sirkuit San Carlos, Venezuela. (YouTube)
Sirkuit San Carlos, Venezuela. (YouTube)

Venezuela, juga pernah menyelenggarakan MotoGP di street circuit San Carlos pada 1977-1979, Sob.

5. Karlskoga Motorstadion (1978-1979)

Lagi-lagi Swedia jadi tuan rumah MotoGP, dan kembali menggunakan sirkuit jalan raya atau street circuit, yaitu Karlskoga Motorstadion. Digunakan pada 1978-1979, Karlskoga Motorstadion jadi saksi kemenangan pembalap Inggris legendaris, Barry Sheene.

Namun kini, Karskoga Motorstadion sudah berubah menjadi race circuit, dari sebelumnya street circuit.

Street circuit, memang lebih sering ditemukan pada olahraga balap F1, bukan di MotoGP. Faktor keamanan jadi salah satu pertimbangan kenapa penggunaan sirkuit jalan raya tidak jadi pilihan utama Dorna, selaku penyelenggara MotoGP.

Ditunjuknya sirkuit Mandalika, yang berkonsep street circuit atau sirkuit jalan raya untuk menggelar MotoGP 2021, tentu sudah dengan banyak pertimbangan. Jadi semakin nggak sabar nih, nunggu MotoGP musim 2021 yang akan digelar di Indonesia.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS