Pulangkan Juara Dunia, Jonatan Christie Manfaatkan Status Underdog

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Pulangkan Juara Dunia, Jonatan Christie Manfaatkan Status Underdog
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, melaju ke perempat final Malaysia Open 2019 usai menundukkan juara dunia 2018 asal Jepang, Kento Momota, Kamis (4/4). [Humas PBSI]

"Momota pemain terbaik saat ini. Dia juara All England, nomor satu dunia," ujar Jonatan Christie.

Suara.com - Jonatan Christie tampil memukau di babak kedua Malaysia Open 2019, Kamis (4/4). Pebulutangkis tunggal putra Indonesia ini memulangkan juara dunia 2018 asal Jepang, Kento Momota.

Jonatan menang dua game langsung, 22-20 dan 21-15, di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Malaysia.

Hasil itu membuatnya mengakhiri catatan tak pernah menang dalam dua laga sebelumnya melawan juara All England 2019 tersebut.

Pebulutangkis 21 tahun itu mengatakan posisinya dalam laga ini memang tak diunggulkan atau underdog.

Namun, status tersebut disebut Jojo—sapaan akrab Jonatan Christie—justru menguntungkannya.

Kento Momota yang kerap kali meraih gelar juara di berbagai turnamen, disebut Jojo tampil di Malaysia Open 2019 dengan membawa beban besar.

Pebulu tangkis Jepang Kento Momota saat melawan pebulu tangkis Denmark Anders Antonsen dalam final tunggal putra Daihatsu Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/1). [Suara.com/Muhaimin A Untung]
Pebulutangkis Jepang Kento Momota saat melawan pebulu tangkis Denmark Anders Antonsen dalam final tunggal putra Indonesia Masters 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu (27/1). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Sebaliknya, Jonatan Christie yang tak diungulkan mampu tampil lepas.

"Momota pemain terbaik saat ini. Dia juara All England, nomor satu dunia, tidak mudah untuk dia melawati fase tersebut. Tapi posisi saya lebih diuntungkan karena bermain dengan nothing to lose," kata Jonatan Christie dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Kamis (4/4/2019).

"Sementara Momota bermain sebaliknya (terbebani—red). Kesempatan itu yang saya ambil. Puji Tuhan hari ini saya bermain dan menerapkan pola dengan cukup baik,” sambungnya.

Kemenangan ini membuat Jonatan Christie menjadi satu-satunya wakil tunggal putra Indonesia yang melaju ke perempat final Malaysia Open 2019.

Tiga wakil lainnya, yakni Anthony Sinisuka Ginting, Ihsan Maulana Mustofa, dan Tommy Sugiarto sudah lebih dulu tersingkir di babak pertama.

Di perempat final Malaysia Open 2019 besok, Jumat (5/4), Jonatan Christie akan menghadapi lawan tangguh lainnya, Viktor Axelsen.

Tercatat Jonatan Christie belum pernah menang dalam dua pertemuan terakhir menghadapi juara dunia 2017 asal Denmark tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS