F1 GP Kanada: Raih Kemenangan Kontroversial, Ini Komentar Hamilton

Rizki Nurmansyah
F1 GP Kanada: Raih Kemenangan Kontroversial, Ini Komentar Hamilton
Pemegang peringkat ketiga, driver Jerman, Sebastian Vettel (kiri) menyemburkan sampanye kepada seteru terdekatnya, Lewis Hamilton yang memenangkan 1 GP China 2019, di Sirkuit Shanghai (14/4/2019) [AFP/Greg Baker].

Kemenangan ini menjadi yang kelima bagi Lewis Hamilton di F1 2019.

Suara.com - Lewis Hamilton angkat bicara terkait kemenangan kontroversialnya di Formula 1 (F1) GP Kanada, Senin (10/6/2019) dini hari WIB. Pebalap Mercedes ini meraih podium utama setelah pesaingnya, Sebastian Vettel, terkena penalti.

Vettel yang start dari pole position, menyentuh garis finis pertama di depan Hamilton. Namun, pebalap Ferrari tersebut harus turun ke peringkat kedua setelah mendapat hukuman karena re-entry yang dianggap membahayakan.

Mendapat tekanan dari Hamilton, Vettel membuat kesalahan pada lap ke-48 ketika dia terlalu keras melintasi chicane, dan melebar ke rumput di pinggir trek.

Dia berhasil mengendalikan mobilnya untuk kembali ke trek di depan Hamilton yang terpaksa melakukan pengereman keras agar terhindar dari terpojok ke pagar pembatas.

Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton (kiri), tampak tengah berbincang dengan driver andalan Ferrari, Sebastian Vettel, usai balapan F1 GP China di Sirkuit Shanghai, Minggu (14/4/2019). [AFP/Greg Baker]
Pebalap Mercedes, Lewis Hamilton (kiri), tampak tengah berbincang dengan driver andalan Ferrari, Sebastian Vettel, usai balapan F1 GP China di Sirkuit Shanghai, Minggu (14/4/2019). [AFP/Greg Baker]

Hamilton terpaut lima detik di belakang Vettel setelah pitstop pertama. Namun dia mampu memperkecil jarak dengan Vettel.

Vettel akhirnya terkena sanksi lima detik dari pengawas lomba lantaran aksinya pada lap 48 dinilai membahayakan Hamilton.

Atas hasil ini, Hamilton mengaku tetap bersyukur walaupun dirinya berharap bisa meraih kemenangan tanpa adanya kontroversi.

"Tentu ini bukan cara yang saya inginkan untuk menang. Saya terus menekan hingga akhir dan mencoba untuk menyalip," kata Hamilton dilansir dari laman resmi F1.

"Saya memaksanya melakukan kesalahan, dia melebar, dan saya punya kesempatan (menyalip) di tikungan itu, namun kami nyaris bertabrakan. Sangat disayangkan tapi inilah balapan," sambungnya.

Kemenangan ini menjadi yang kelima bagi Lewis Hamilton di F1 2019, dan sekaligus makin menegaskan dominasi Mercedes hingga seri ketujuh F1 2019.

Dua kemenangan Mercedes lainnya dipersembahkan oleh rekan setim Hamilton, Valtteri Bottas, yang finis keempat di F1 GP Kanada.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS