Bertarung di Kelas Para Raja, Alex Marquez: Mimpi Saya Jadi Kenyataan

Syaiful Rachman | Arief Apriadi
Bertarung di Kelas Para Raja, Alex Marquez: Mimpi Saya Jadi Kenyataan
Pebalap tim Repsol Honda, Alex Marquez di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (5/2/2020). [Suara.com/Arief Apriadi]

MotoGP 2020 menjadi musim pertama Alex Marquez di kelas para raja.

Suara.com - Tahun 2020 akan menjadi musim yang istimewa bagi Alex Marquez. Karena MotoGP musim ini akan menjadi musim pertama bagi pebalap berusia 23 tahun itu berlaga di kelas para raja.

Alex merupakan rider peraih dua gelar juara dunia (Moto3 2014 dan Moto2 2019). Sejak melakukan debut profesional di kelas Moto3 pada 2012, adik kandung dari Marc Marquez itu butuh delapan tahun untuk bisa mengaspal di kelas MotoGP.

Alex tercatat meniti karier di kelas Moto3 selama tiga tahun (2012-2014). Selama periode itu dia mencatatkan 15 podium, dan empat kali meraih posisi pertama.

Setelah sukses menjadi juara dunia pada 2014, Alex mendapat kesempatan naik tingkat ke kelas Moto2 dengan memperkuat tim Marc VDS. Selama lima tahun berkiprah (2015-2019) dia sukses meraih gelar juara di musim terakhir.

Dua kali menyabet gelar juara dunia, Alex akhirnya dilirik oleh tim Repsol Honda. Dia datang ke paddock tim asal Jepang itu untuk menggantikan posisi Jorge Lorenzo yang memutuskan pensiun.

Dua rider Tim Repsol Honda di MotoGP 2020, Marc Marquez (kiri) dan Alex Marquez saat diperkenalkan di di Shangri-La Hotel pada Selasa (4/2/2020). (Suara.com /Tivan Rahmat)
Dua rider Tim Repsol Honda di MotoGP 2020, Marc Marquez (kiri) dan Alex Marquez saat diperkenalkan di di Shangri-La Hotel pada Selasa (4/2/2020). (Suara.com /Tivan Rahmat)

"Mimpi saya sekarang jadi kenyataan. Jadi (di tahun debut) saya mencoba realistis, masih banyak hal-hal yang perlu saya lakukan," ujar Alex Marquez di Hotel Shangri-La, Jakarta, Rabu (5/2/2020).

"Saya sudah mulai tes pramusim (non-resmi) pekan lalu di Sirkuit Sepang dan hasilnya bagus. Sekarang saya optimistis untuk melakoni sesi tes resmi pramusim MotoGP," tambahnya.

Alex sendiri mengaku tak mematok target muluk di musim perdananya di kelas MotoGP. Dia hanya ingin mencari pengalaman sebanyak mungkin untuk bisa terus meingkatkan kemampuan di musim-musim mendatang.

"Masih banyak hal yang harus dilakukan. Saya ingin meraih target saya di sini, memberi 100 persen dari kemampuan saya di MotoGP musim 2020," tukasnya.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS