Terungkap! Ada Campur Tangan Rossi Dibalik Kembalinya Lorenzo ke Yamaha

Rizki Nurmansyah
Terungkap! Ada Campur Tangan Rossi Dibalik Kembalinya Lorenzo ke Yamaha
Pebalap Italia Valentino Rossi merayakan keberhasilannya meraih podium utama MotoGP Catalunya setelah bersaing ketat dengan rekan satu timnya di Yamaha, Jorge Lorenzo (kiri), Minggu (14/6/2009). [AFP/Lluis Gene]

Rossi yakin kehadiran Lorenzo akan meningkatkan kemampuan motor Yamaha.

Suara.com - Satu per satu fakta dibalik kembalinya Jorge Lorenzo ke Yamaha terungkap. Siapa sangka rupanya Valentino Rossi lah yang mendesak Yamaha menggaet Lorenzo.

Seperti diketahui, Lorenzo memutuskan pensiun dari balap MotoGP pada akhir musim lalu setelah mengalami masa-masa berat nan sulit bersama Honda.

Pebalap Repsol Honda Jorge Lorenzo usai melakukan sesi latihan di MotoGP Italia di Filippo MONTEFORTE / AFP
Pebalap Repsol Honda Jorge Lorenzo usai melakukan sesi latihan di MotoGP Italia. [AFP/Filippo Monteforte]

Meski telah pensiun, namun kehidupan Jorge Lorenzo tak pernah bisa jauh dari balapan motor paling masyhur di kolong langit ini.

Juara dunia lima kali itu dikontrak Yamaha untuk musim MotoGP 2020 sebagai pebalap penguji.

Belum lama ini Jorge Lorenzo telah kembali menunggangi Yamaha M1 dalam sesi shakedown di Sirkuit Sepang, Malaysia, dan menyebut motor tersebut masih ideal dengan gaya balapnya.

Kendati memiliki hubungan yang buruk di masa lalu, Rossi yakin kehadiran Lorenzo akan meningkatkan kemampuan motor untuk bersaing memperebutkan titel juara dunia pada tahun ini.

"Bagi saya Jorge cocok untuk kami. Karena, pertama-tama, saya yang mendesak Lin (Jarvis, managing director) dan Yamaha untuk berbicara dengan Jorge. Saya kira keputusan yang cerdas merekrut Jorge Lorenzo," kata Rossi, dikutip dari Autosport, Jumat (7/2/2020).

"Mungkin seseorang ada yang ragu karena Jorge Lorenzo tahun lalu mengalami masa sulit bersama Honda. Tapi saya selalu bilang kepada mereka bahwa cukup satu hari saja dia mengendarai M1, dia bisa kompetitif. Dan itu terbukti."

"Bagi kami sangat penting pada era modern MotoGP memiliki tim penguji yang baik, yang memberikan data dan segalanya. Tapi Anda juga butuh pebalap yang kuat, cepat, dan membuat catatan waktu yang sama dengan kami (para pebalap pabrikan)," tukas Rossi.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS