Cari Talenta Berbakat, PRSI Gelar Liga Polo Air

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Cari Talenta Berbakat, PRSI Gelar Liga Polo Air
Konferensi pers Liga Polo Air Indonesia di Stadion Akuatik Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Selasa (18/2/2020). [Suara.com/Arief Apriadi]

Liga Polo Air pertama di Tanah Air.

Suara.com - Untuk pertama kalinya, Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) akan menggelar Liga Polo Air pertama di Tanah Air. Hal itu dilakukan sebagai program regenerasi demi menemukan talenta-talenta berbakat.

Dalam musim perdana, Liga Polo Air Indonesia hanya akan mempertandingkan kelompok umur U-16. Ruang lingkupnya pun masih sebatas diikuti klub-klub wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Khusus untuk musim perdana, akan ada sembilan klub asal DKI Jakarta yang mengikuti liga tersebut, antara lain Milenium Aquatic, JEQ, Pari Sakti, Bina Taruna, Tirta Kencana 78, Kusuma Harapan, Kuda Laut, Tirta Taruna, dan Indonesia Star Aquatic.

"Awal tahun ini kami coba buat inisiatif yang bermanfaat untuk cabor akuatik. Saya dan beberapa teman-teman sudah sejak lama berdiksusi kapan kita punya liga polo air," ujar Ketua Panitia Penyelenggara Liga Polo Air Indonesia, Wisnu Wardhana di Stadion Akuatik GBK, Senayan, Jakarta, Selasa (18/2/2020).

"Liga ini bertujuan untuk pembibitan. Mudah-mudahan ke depan kita punya liga nasional, super league yang lebih besar lagi," tambahnya.

Delegasi Teknis Liga Polo Air Indonesia, Dean Baldwin menjelaskan bahwa sistem yang akan diterapkan nanti adalah setengah kompetisi atau round robin, sebelum memasuki fase knock out.

"Kita akan pakai sistem pembagian dua grup, round robin, grup A dan B. Nanti di semifinal akan ditentukan oleh rangking secara keseluruhan, dari 1-9," ujar Dean.

Setiap klub disebut Dean boleh memasukkan sebanyak-banyaknya nama pemain, kendati saat bertanding hanya 13 orang yang bisa masuk ke dalam susunan pemain.

Khusus Liga Polo Air perdana ini, setiap tim akan diisi dengan pemain putra dan putri dengan komposisi atau rasio jumlah yang tidak ditentukan.

"Untuk sekarang yang penting liga ini jalan dahulu. Harapannya apabila sudah berjalan, liga ini bisa ada di provinsi-provinsi lain, sehingga nanti bisa digelar Liga Super--lingkup nasional," jelas Wakil Ketua Umum PRSI, Harlin Rahardjo.

Liga Polo Air Indonesia akan berlangsung mulai 3 Maret 2020 di Stadion Akuatik GBK, Jakarta.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS