Fakta Maria Sharapova yang Baru Putuskan Pensiun: Harta, Tahta dan Pria

Rizki Nurmansyah
Fakta Maria Sharapova yang Baru Putuskan Pensiun: Harta, Tahta dan Pria
Atlet cantik asal Rusia, Maria Sharapova, menjadi salah satu petenis wanita terkaya sepanjang masa. [AFP/Francois Guillot]

Keputusan Maria Sharapova pensiun diumumkannya dalam bentuk esai.

Suara.com - Petenis cantik asal Rusia, Maria Sharapova, membuat kejutan. Tepat pada, Rabu (26/2/2020) lalu, Sharapova mengumumkan keputusannya pensiun dari dunia tenis.

Keputusan Maria Sharapova pensiun diumumkannya dalam bentuk esai yang diterbitkan sebuah laman berita online serta akun Instagramnya.

Berikut data dan fakta mengenai Maria Sharapova yang dirangkum Suara.com dari berbagai sumber.

1. Perkenalan dengan Tenis

Pemilik nama lengkap Maria Yuryevna Sharapova ini lahir di Nyagan, Rusia, 17 April 1987. Ia merupakan putri pasangan Yuri Sharapov dan Yelena.

Sharapov lah yang pertama kali memperkenalkan petenis cantik itu dengan dunia tenis saat Maria Sharapova berusia empat tahun.

Maria Sharapova saat masih kanak-kanak. [Instagram@mariasharapova]
Maria Sharapova saat masih kanak-kanak. [Instagram@mariasharapova]

2. Pindah ke AS

Pada tahun 1993, saat berusia enam tahun, Maria Sharapova turut ikut dalam pelatihan tenis di Moscow yang diadakan legenda tenis Martina Navratilova.

Navratilova pulalah yang merekomendasikan berlatih secara profesional dengan Nick Bollettieri di IMG Academy di Brandenton, Florida, AS.

Pada usia tujuh tahun Maria Sharapova akhirnya pindah ke AS untuk mengejar cita-citanya jadi petenis profesional.

3. Gelar Grand Slam

Debut profesional Maria Sharapova terjadi pada 19 April 2001, atau tepat pada hari lahirnya yang ke-14 tahun.

Karier Maria Sharapova terus menjulang hingga tercatat lima kali meraih gelar grand slam—Wimbledon (2004), US Open (2006), Australia Open (2008), dan French Open (2012, 2014).

Petenis cantik itu menjadi satu dari enam petens di masa Open Era yang pernah memenangi semua kejuaraan grand slam. Lima lainnya adalah Margaret Court, Chris Evert, Martina Navratilova, Steffi Graff dan Serena Williams.

Petenis cantik asal Rusia, Maria Sharapova (kiri), bersalaman dengan Serena Williams usai kalah dalam pertandingan grand slam Australia Open 2016. [AFP/Saeed Khan]
Petenis cantik asal Rusia, Maria Sharapova (kiri), bersalaman dengan Serena Williams usai kalah dalam pertandingan grand slam Australia Open 2016. [AFP/Saeed Khan]

Maria Sharapova menduduki tahta nomor satu dunia pada 22 Agustus 2005.

4. Harta Kekayaan

Berdasarkan Asosiasi Tenis Wanita (WTA), penghasilan yang diterima Maria Sharapova dari kejuaraan tenis mencapai 38,8 juta dolar AS (Rp 546 miliar).

Namun menurut Forbes, total harta kekayaan Maria Sharapova selama 28 tahun berkarier mencapai 325 juta dolar AS (sekitar Rp 4,5 triliun). Penghasilan itu termasuk dari hadiah uang, sponsor, dan uang penampilan.

Maria Sharapova juga tercatat sebagai salah satu atlet berpenghasilan tertinggi, dan juga salah satu atlet perempuan terkaya dalam sejarah dunia olahraga.

5. Pacar

Paras cantik yang dimiliki Maria Sharapova membuatnya banyak dilirik kaum Adam. Salah satu yang kini jadi pacar Maria Sharapova adalah Alexander Gilkes.

Maria Sharapova dan sang pacar Alexander Gilkes. [AFP/Angela Weiss]
Maria Sharapova dan sang pacar Alexander Gilkes. [AFP/Angela Weiss]

Pria berkebangsaan Inggris itu diketahui salah satu pendiri rumah lelang online Paddle8. Status Gilkes adalah duda setelah pada 2017 lalu bercerai dengan Misha Nonoo.

Maria Sharapova dikabarkan telah menjalin hubungan dengan Gilkes sejak 2018.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS