Pelatih Tunggal Putra PDP Corona, PBSI Ajukan Tes Covid-19 Massal

Rizki Nurmansyah | Arief Apriadi
Pelatih Tunggal Putra PDP Corona, PBSI Ajukan Tes Covid-19 Massal
Kepala Pelatih Tunggal Putra PBSI Hendry Saputra. [Suara.com/Arief Apriadi]

Pelatih Tunggal Putra PBSI Hendry Saputra yang telah berstatus PDP Corona kini diisolasi di RS Pelni.

Suara.com - PBSI bergerak cepat dalam menyikapi kondisi Pelatih Tunggal Putra Hendry Saputra yang kini berstatus Pasien Dalam Pengawasan atau PDP Corona.

Sebagai langkah pencegahan wabah Corona, PBSI telah mengajukan permohonan agar atlet, ofisial, serta penghuni asrama Pelatnas bisa mendapat tes Covid-19.

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) dan National Olympic Committee (NOC) Indonesia diharapkan bisa menyediakan fasilitas untuk pengetesan tersebut.

"Kami sudah mengajukan lewat Kemenpora dan NOC Indonesia. Tapi sampai saat ini masih harus menunggu," ujar Sekjen PBSI Achmad Budiharto saat dihubungi Suara.com, Selasa (24/3/2020).

"Sampai kini kami belum tahu. (Kita tunggu) sampai mereka (Kemenpora maupun NOC Indonesia) bisa mendapatkan materinya (fasilitas tes Covid-19)," tambahnya.

Budiharto menegaskan PBSI memiliki keinginan untuk melakukan tes Covid-19 di Asrama PBSI.

Mereka tak ingin ambil risiko dengan meninggalkan area Pelatnas dalam krisis kesehatan di Tanah Air saat ini.

"Saya sih mintanya ya (tes Covid-19) ini di Pelatnas Cipayung ya. Tapi belum tahu ya, sampai sekarang belum ada kepastiannya," tandasnya.

Dikonfirmasi terpisah, Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari mengatakan bahwa pihaknya masih berupaya untuk mengadakan alat tes Covid-19 dengan berkirim surat ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

"Ini kami bisa fasilitasi. Tapi kami tak bisa berbuat banyak. Kami fasilitasi NOC, Kemenpora, dan Kemenkes. Setelah ada alatnya, baru dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. [Dok. NOC Indonesia]
Presiden NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari. [Dok. NOC Indonesia]

Hendry Saputra merupakan salah satu anggota tim bulutangkis Indonesia yang berangkat ke ALl England pada 11-15 Maret lalu.

Sepulang dari Birmingham, Inggris, pelatih Jonatan Christie dan kawan-kawan itu mengeluh sakit dan kini diisolasi di Rumah Sakit Pelni Jakarta.

PBSI masih menunggu hasil tes Covid-19 dari pelatih asal PB Tangkas tersebut.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS