Hasil MotoGP Catalunya 2020: Fabio Quartararo Juara, Valentino Rossi Jatuh

Rully Fauzi | Arief Apriadi
Hasil MotoGP Catalunya 2020: Fabio Quartararo Juara, Valentino Rossi Jatuh
Ekspresi kegembiraan pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo usai memenangi MotoGP Catalunya 2020 di Barcelona, Minggu (27/9/2020) malam WIB. [LLUIS GENE / AFP]

Valentino Rossi bernasib sial di Sirkuit Catalunya, Minggu (27/9/2020) malam WIB.

Suara.com - Pebalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo keluar sebagai juara seri lanjutan MotoGP 2020, yakni MotoGP Catalunya yang berlangsung Minggu (27/9/2020) malam WIB.

Podium kemenangan pada balapan di Sirkuit Catalunya, Barcelona pun mengantarkan rider asal Prancis kembali memuncaki klasemen sementara rider MotoGP 2020 dengan 108 poin.

Di saat Quartararo berjaya, nasib buruk justru dialami Valentino Rossi yang tahun depan akan menggantikan posisinya di Petronas Yamaha SRT.

Rider gaek tim pabrikan Monster Energy Yamaha itu sejatinya sempat punya peluang naik podium, atau bahkan meraih kemenangan lantaran mampu bersaing dengan Quartararo di posisi terdepan.

Baca Juga: Hasil F1 GP Rusia 2020: Hamilton Kena Penalti, Valtteri Bottas Juara

Namun setelah sempat menyalip rekan setim Quartararo, Franco Morbidelli di lap ke-14, The Doctor --julukan Valentino Rossi-- terjatuh di tikungan 2 ketika balapan menyisakan sembilan lap.

Insiden itu membuat peringkat kedua kembali dikuasai Morbidelli sebelum rider asal Italia itu disalip duo Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins, beberapa lap jelang balapan usai.

Kedua pebalap Suzuki benar-benar tampil ciamik dalam balapan kali ini. Mir sukses mengunci peringkat kedua setelah hanya memulai balapan dari posisi kedelapan.

Capaian lebih hebat diraih rekan setimnya, Rins, yang berhasil mengamankan podium ketiga meski hanya start dari posisi ke-13.

Selain Rossi, nasib sial juga dialami jagoan Ducati Team, Andrea Dovizioso, yang sebelum berangkat ke MotoGP Catalunya masih memuncaki klasemen pebalap dengan raihan 84 poin.

Baca Juga: Resmi ke Tim Satelit, Valentino Rossi Tak Sabar Jajal MotoGP Indonesia

Rider asal Italia itu harus terdepak dari puncak klasemen setelah dipastikan gagal membawa pulang poin dari Catalunya, pasca terlibat tabrakan dengan Johann Zarco (Reale Avintia Racing) di lap pembuka.

Komentar

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS