alexametrics

Team USA Tekuk Spanyol di Laga Eksibisi Pamungkas Jelang Olimpiade Tokyo

Rully Fauzi
Team USA Tekuk Spanyol di Laga Eksibisi Pamungkas Jelang Olimpiade Tokyo
Ilustrasi basket. [PEDRO PARDO / AFP]

Point guard Portland Trail Blazers, Damian Lillard jadi top perfomer Timnas Basket Amerika Serikat di laga kali ini.

Suara.com - Bintang Portland Trail Blazers, Damian Lillard mengemas 19 poin, enam assist dan empat steal saat Timnas Basket Amerika Serikat (AS) memetik kemenangan 83-76 atas tim Spanyol dalam pertandingan eksibisi terakhir jelang turun di cabang olahraga basket putra Olimpiade 2020 Tokyo.

Di Las Vegas, Senin (19/7/2021) WIB, Keldon Johnson, yang baru dimasukkan ke line-up Team USA --julukan Timnas Basket AS-- menggantikan Bradley Beal yang terinfeksi COVID-19, mencetak 15 poin dalam 17 menit.

Johnson, pemain San Antonio Spurs yang baru saja menyelesaikan musim NBA keduanya, cukup akrab dengan pelatih Timnas Basket AS, Gregg Popovich karena ia juga merupakan pelatih Spurs.

"Keldon Johnson baru saja memainkan permainan bola basket yang solid. Dia menembak ketika dia dalam posisi terbuka dan langsung mencetak poin,” kata Popovich dikutip dari Reuters, Senin.

Baca Juga: Hilang Jelang Olimpiade Tokyo, Atlet Uganda Tertangkap Kamera di Stasiun

Sebelumnya, Team USA mengalami tiga kekalahan dalam pertandingan pra-Olimpiade, yaitu dari Nigeria pada 10 Juli, dari Australia pada 12 Juli, serta kekalahan dari Argentina pada 13 Juli.

Meski demikian, Popovich mengaku terkesan dengan penampilan timnya hari ini, dan sang pelatih pun meminta agar para pemainnya tidak cepat merasa puas.

"Kami menjadi lebih baik dari hari ke hari. Sedikit-sedikit, tetapi terus membaik. Menemukan kembali pola permainan kami adalah hal terbaik yang dapat kami lakukan dengan grup ini," ujar Popovich.

Kevin Durant mengumpulkan 14 poin, meskipun ia hanya melepaskan 5 dari 13 tembakan di lapangan, sementara Zach LaVine membukukan 13 poin dalam 22 menit lewat 5 dari 8 tembakan, termasuk 3 dari 5 lemparan tiga angka.

Sementara dari kubu Spanyol, Ricky Rubio mencetak angka tertinggi dalam laga tersebut dengan 23 poin dalam 23 menit . Marc Gasol menambahkan 10 poin dan lima rebound, kemudian Willy Hernangomez menyumbang 11 poin.

Baca Juga: Jadwal Sepakbola Olimpiade Tokyo Beserta Pembagian Grupnya

Timnas Basket Amerika Serikat akan membuka pertandingan Olimpiade Tokyo mereka pada 25 Juli dengan menghadapi Prancis.

Komentar