alexametrics

Profil Momiji Nishiya, Bocah 13 Tahun yang Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo

Irwan Febri Rialdi
Profil Momiji Nishiya, Bocah 13 Tahun yang Raih Medali Emas Olimpiade Tokyo
Skater Jepang, Momiji Nishiya. (JEFF PACHOUD / AFP)

Momiji Nishiya meraih emas di cabor skateboard putri

Suara.com - Berapa kejutan terjadi di Olimpiade Tokyo 2020, salah satunya hadir dari atlet berusia 13 tahun asal Jepang, Momiji Nishiya, yang sukses meraih medai emas.

Emas didapatkan wakil tuan rumah itu pada cabang olahraga skateboard putri. Torehan ini membuat Nishiya tercatat sebagai atlet termuda (13 tahun 268 hari) Jepang yang meraih medali emas di multi event terbesar se dunia itu.

Meski sempat terjatuh pada percobaan pertama, dia sukses menyabet emas setelah meraih total skor 15,26. Capaian ini membuatnya mampu mengalahkan Leal Rayssa dari Brasil yang juga berusia 13 tahun dan kompatriotnya, Funa Nakayama yang berusia 16 tahun.

Akan tetapi, Nishiya masih belum mematahkan rekor peraih medali emas termuda di Olimpiade yang masih dipegang oleh Marjorie Gestring yang merebut emas di Olimpiade 1963 saat berusia 13 tahun 268 hari.

Baca Juga: Gregoria Mariska Lolos ke Babak 16 Besar Tunggal Putri

Setelah kemenangannya, Nishiya yang gembira berbicara tentang kegembiraan yang dia rasakan saat memenangkan medali emas. Dia mengakui bahwa sebelum mulai bertanding sempat merasa gelisah dan gugup.

“Saya sangat senang memenangkan Olimpiade di Jepang, dan saya sangat senang memenangkan Olimpiade pertama saya sebagai salah satu pesaing termuda," kata Momiji Nishiya kepada situs Olimpiade Tokyo.

“Ini seperti kompetisi lainnya. Saya gugup pada putaran pertama, tetapi saya tidak setelah itu," jelasnya.

Profil Momiji Nishiya

Skater Brasil, Rayssa Leal dan skater Jepang, Momiji Nishiya, masing-masing mendapat medali perak dan emas di Olimpiade Tokyo. (LIONEL BONAVENTURE / AFP)
Skater Brasil, Rayssa Leal dan skater Jepang, Momiji Nishiya, masing-masing mendapat medali perak dan emas di Olimpiade Tokyo. (LIONEL BONAVENTURE / AFP)

Nishiya lahir pada 30 Agustus 2007 di Osaka Jepang. Dilansir dari situs Olimpiade Tokyo, Nishiya terjun ke dunia skateboard usai melihat kakaknya beramin olahraga ini.

Baca Juga: Termasuk Ade Resky, Ini 3 Pebulutangkis Indonesia yang Pilih Bela Negara Lain

Melihat pencapaian Nishiya di Olimpiade ini tidak mengherankan jika menilik sepak terjangnya di kancah internasional.

Komentar