alexametrics

Yamaha Tak akan Turunkan Maverick Vinales di MotoGP Austria, Kenapa?

Reky Kalumata
Yamaha Tak akan Turunkan Maverick Vinales di MotoGP Austria, Kenapa?
Pebalap tim Monster Energy Yamaha Maverick Vinales berada di garasi ketika sesi latihan bebas kedua Grand Prix Catalunya di Sirkuit Barcelona-Catalunya. (4/6/2021) [AFP/Lluis Gene]

Vinales finis paling akhir di MotoGP Styria akhir pekan lalu setelah restart dari jalur pit.

Suara.com - Yamaha memutuskan menarik Maverick Vinales dari balapan di MotoGP Austria dan tidak akan menugaskan pebalap pengganti di balapan tersebut akhir pekan ini.

Dalam pernyataan resminya seperti dimuat Antara, Yamaha memutuskan menangguhkan aksi sang pebalap Spanyol karena "pengoperasian yang tidak dapat dijelaskan terhadap sepeda motor oleh sang pebalap selama balapan MotoGP Styria akhir pekan lalu."

"Keputusan Yamaha mengikuti analisis mendalam dari telemetri dan data selama beberapa hari terakhir."

"Kesimpulan Yamaha adalah tindakan sang pebalap berpotensi menyebabkan kerusakan signifikan terhadap mesin dari motor YZR-M1 dia yang bisa menimbulkan resiko serius terhadap pebalap itu sendiri dan kemungkinan membahayakan semua pebalap lain di balapan MotoGP."

Baca Juga: Yamaha Pastikan Franco Morbidelli Naik Kasta, Tapi Kapan Pengumuman Resminya?

Yamaha menambahkan keputusan untuk balapan-balapan selanjutnya akan diambil setelah pembahasan lebih lanjut dengan sang pebalap dan analisis yang lebih mendetail dari situasi tersebut.

Vinales, juara sembilan kali Grand Prix, telah memutuskan berpisah dengan Yamaha akhir musim setelah mengakhiri kontraknya satu tahun lebih dini.

Dia disebut-sebut akan bergabung ke tim Aprilia untuk 2022, kendati belum ada pengumuman resmi.

Mantan juara dunia Moto3 itu finis paling akhir di MotoGP Styria akhir pekan lalu setelah restart dari jalur pit. Dia juga diganjar penalti karena melebihi limit trek.

Top Gun saat ini berada pada peringkat enam klasemen pebalap sementara setelah sepuluh balapan terpaut 77 poin dari rekan satu timnya Fabio Quartararo yang memuncaki klasemen.

Baca Juga: Di Balik Ngadatnya Motor Vinales di Austria, Ternyata Ini yang Terjadi

Komentar