alexametrics

Ikut PBSI, Tommy Sugiarto Batal ke Kejuaraan Dunia 2021

Arief Apriadi
Ikut PBSI, Tommy Sugiarto Batal ke Kejuaraan Dunia 2021
Pebulutangkis tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto, hentikan perlawanan pemain Hong Kong keturunan Jawa, Vincent Wong Wing Ki, di babak pertama China Open 2019, Selasa (17/9). [Humas PBSI]

"Karena bagaimana pun saya harus tetap mengikuti [keputusan] dari PBSI," kata Tommy Sugiarto.

Suara.com - Pebulu tangkis tunggal putra nasional, Tommy Sugiarto memastikan batal mengikuti Kejuaraan Dunia 2021. Meski berstatus non-pelatnas, dia mengikuti keputusan yang dibuat PBSI.

PBSI pada Rabu (9/12/2021) telah mengumumkan menarik mundur seluruh wakilnya dari Kejuaraan Dunia 2021 atau BWF World Championship 2021 yang akan bergulir di Huelva, Spanyol, pada 12-19 Desember 2021.

Keputusan itu diambil PBSI dengan dalih menjaga keselamatan pemain menyusul penyebaran varian baru virus Covid-19 Omicron di Eropa tak terkecuali Spanyol.

"Saya batal juga [ke Kejuaraan Dunia 2021]," kata Tommy Sugiarto saat dihubungi Suara.com, Rabu (8/12/2021).

Baca Juga: Kejuaraan Dunia Angkat Besi 2021: Indonesia Kirim 14 Wakil, Berikut Jadwalnya

Meski sejatinya punya kans untuk tetap bertanding di Kejuaraan Dunia 2021, Tommy menghormati keputusan PBSI selaku asoasi bulu tangkis nasional.

"Iya karena bagaimana pun saya harus tetap mengikuti [keputusan] dari PBSI, meskipun saya di luar [pelatnas] saya tetap bagian dari asosiasi PBSI yang bertanggung jawab atas seluruh atlet yang bertanding membawa nama Indonesia," jelas Tommy.

PBSI sebelumnya melalui Ketua Harian PBSI, Alex Tirta mengonfirmasi isu yang dihembuskan media-media asing, terutama dari Malaysia bahwa Indonesia mundur dari Kejuaraan Dunia 2021.

"Keputusan menarik diri tim bulutangkis Indonesia dari Kejuaraan Dunia ini juga sudah disetujui oleh Bapak Ketua Umum PP PBSI Agung Firman Sampurna," tutur Ketua Harian PBSI, Alex Tirta dalam keterangan tertulisnya.

Hal senada disampaikan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, Rionny Mainaky. Varian omicron menjadi pertimbangan dari keputusan sulit itu.

Baca Juga: Daftar Wakil Indonesia di Kejuaraan Dunia 2021: 6 Langsung ke Babak Kedua

"Penyebaran virus Omicron yang cepat sehingga perubahan protokol kesehatan yang tidak menentu membuat kami memutuskan untuk mundur dari Kejuaraan Dunia 2021," kata Rionny.

Komentar