Lukisan di Sulawesi Masuk Daftar Terobosan Sains Terakbar 2014

Liberty Jemadu
Lukisan di Sulawesi Masuk Daftar Terobosan Sains Terakbar 2014
Ilustrasi lukisan purba (Shutterstock).

Pendaratan Philae di komet 67P dinilai sebagai yang paling berpengaruh di dunia.

Suara.com - Robot antariksa Philae, yang mencatat sejarah karena berhasil mendarat di komet 67P/Churyumov-Gerasimenko, pada 12 November lalu dinobatkan sebagai terobosan dalam dunia sains yang paling akbar sepanjang 2014 menurut jurnal Science.

Pendaratan Philae, robot antariksa yang dioperasikan oleh Badan Antariksa Eropa (ESA), menjadikan komet 67P sebagai tempat ketujuh di tata surya kita yang berhasil didarati oleh sebuah wahana bikinan manusia. Pendaratan di 67P dinilai sebagai terobosan terbesar karena merupakan yang paling rumit dari segi manuver pendaratan setelah Rosetta, pesawat induk Philae, melakukan perjalanan selama 10 tahun di luar angkasa.

Pemilihan terobosan-terobosan terakbar 2014, yang digelar melalui dua putaran jajak pendapat online itu, juga memilih riset tentang sebuah lukisan purba di gua di Maros, Sulawesi Selatan sebagai salah satu terobosan yang paling berpengaruh di dunia sepanjang tahun ini.

Lukisan telapak tangan manusia itu tadinya diperkirakan berusia 10.000 tahun. Tetapi setelah diteliti menggunakan teknik radioaktif, diketahui bahwa lukisan itu minimal berusia 35.000 tahun dan punya potensi berumur lebih tua dari itu. (Baca: Karya Seni Pertama di Dunia Lahir di Sulawesi, Bukan Eropa)

Implikasi temuan itu sangat besar, karena membongkar kembali kesimpulan para ilmuwan dunia yang menyatakan bahwa kesenian pertama kali tercipta di Eropa dan yang ditandai dengan penemuan lukisan purba di gua-gua di Spanyol, Italia, dan Prancis.

Selain kedua temuan itu, penemuan lain yang memukau para ilmuwan adalah hasil riset di AS yang mengungkapkan bahwa komponen tertentu dari darah tikus remaja bisa membuat otak dan otot tikus tua menjadi muda kembali. Temuan itu merupakan terobosan dalam upaya manusia untuk awet muda.

Berikut adalah daftar 10 terobosan paling akbar di dunia sains selama 2014 menurut jurnal Science:

1. Para ilmuwan berhasil menambahkan abjad baru dalam menyusun kode genetik.
2. Temuan komponen darah tikus remaja bisa membuat otak dan otot tikus tua menjadi muda kembali.
3. Pendaratan Philae di komet 67P.
4. Penciptaan sel-sel di laboratorium yang bisa menyembuhkan diabetes.
5. Ilmuwan menggunakan program komputer untuk menciptakan robot-robot kecil yang bisa menyerap informasi dan membangun struktur-struktur sederhana.
6. Dari temuan fosil di Cina, ilmuwan bisa merinci tahap-tahap perkembangan dinosaurus bersayap menjadi burung yang kita kenal sekarang.
7. Beberapa perusahaan, termasuk IBM, berhasil merancang sebuah chip yang bisa meniru cara kerja otak.
8. Pengungkapan usia lukisan purba di Maros, Sulsel.
9. Ilmuwan menemukan cara untuk menghapus ingatan tertentu pada otak tikus dan memasukkan ingatan baru.
10.Penciptaan CubeSat, sebuah satelit berbentuk kotak selebar 10 cm yang dilengkapi dengan peralatan canggih tapi murah. Alat inibisa menjadi satelit murah di masa depan. (The Guardian)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS