Tim AI China Siap Tantang Google AlphaGo

Dythia Novianty
Tim AI China Siap Tantang Google AlphaGo
Pertandingan antara AlphaGo milik Google dengan pemain profesional Lee Seedol. (Reuters)

Setelah mengalahkan pemarin profesional Korsel, AlphaGo ditantang tim AI Cina

Suara.com - Setelah Korea Selatan, kini giliran tim kecerdasan buatan (AI) dari Cina berencana menantang program AI buatan Google, AlphaGo. AI milik perusahaan pencarian ini telah mengalahkan pemain kelas dunia untuk permainan papan kuno Go. Hal ini dilaporkan Shanghai Securities News milik Cina.

Para ilmuwan dari tim China Computer Go akan mengeluarkan tantangan untuk AlphaGo pada akhir 2016. Pernyataan tersebut disampaikan dalam sebuah acara di Beijing, diselenggarakan Asosiasi Go Cina dan Asosiasi Cina untuk Artificial Intelligence.

Sayang, laporan tersebut tidak merinci apa bentuk tantangan yang akan dilakukan. Tapi dari nama ajangnya jelas menggambarkan tantangan tersebut, yakni "Forum Pemahaman AlphaGo War antara Manusia dan Mesin dan Kecerdasan Buatan Cina".

Seperti diketahui, AlphaGo dikembangkan anak perusahaan Google DeepMind. Penonton dibuat terkejut ketika AI ini dapat mengalahkan pemain profesional Go Korea Selatan, Lee Seedol di Seoul awal bulan ini.

Program ini membuat sejarah, dengan menjadi mesin pertama mengalahkan pemain pro manusia. Dan Lee yang berusia 33 tahun ini merupakan salah satu pemain top dunia, dipandang sebagai lawan yang jauh lebih tangguh.

Sejak kemenangan AlphaGo tahun lalu, para ahli terus berusaha membuktikan kecerdasan buatan yang dapat mengalahkan manusia profesional untuk setidaknya dalam satu dekade. (Reuters)

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS