alexametrics

Ini 3 Aplikasi Android untuk Keadaan Darurat

Yazir Farouk
Ini 3 Aplikasi Android untuk Keadaan Darurat
Ilustrasi sistem operasi Android. [Shutterstock]

Aspek penting bagi setiap individu.

Suara.com - Masalah keselamatan pribadi merupakan aspek yang cukup penting bagi setiap individu. Umumnya, setiap orang akan berusaha mengatasinya sendiri atau mencari bantuan orang lain bila menghadapi masalah seperti tersesat, kecelakaan, bertemu dengan orang jahat, diikuti oleh seseorang, atau hal-hal serupa yang berupa ancaman terhadap keselamatan.

Tapi bagaimana jika tidak ada orang di sekitar Anda saat itu?

Di zaman serba modern ini, sebuah smartphone Android yang Anda miliki dapat membantu mengatasi masalah-masalah yang sudah disebutkan di atas tadi. Berikut 5 aplikasi keselamatan untuk keadaan darurat di Android.

1. X-Igent Panic Button

Aplikasi Darurat Android pertama bernama X-Igent Panic Button. Dengan tampilan serba biru yang menenangkan jiwa (menurut filosofi warna), aplikasi yang satu ini menawarkan beragam fitur seperti panggilan palsu untuk menipu orang jahat yang sedang berusaha berinteraksi dengan kita, alarm ekstra berisik untuk menarik perhatian ketika dalam bahaya, dan tentunya panggilan darurat ke kerabat.

2. bSafe - Personal Safety

Sesuai namanya, bSafe merupakan aplikasi keselamatan Android yang mengutamakan keselamatan pribadi seseorang. Aplikasi ini menawarkan beragam fitur yang tak kalah menarik dibanding aplikasi serupa. Aplikasi keamanan Android ini menawarkan fitur Fake Call, Stop Timer (fitur untuk memberitahukan berapa lama lagi Anda akan tiba di suatu tempat pada teman), dan Follow Me yang memungkinkan orang lain mengikuti Anda untuk mencari tahu keberadaan Anda.

3. Telepon Darurat

Aplikasi keselamatan Android lokal karya Gulajava Ministudio ini dibuat hanya untuk akses melalui lokasi di Indonesia saja. Pada aplikasi ini, Anda bisa menemukan berbagai nomor telepon darurat yang bisa dihubungi ketika memerlukan bantuan seperti ketika mengalami kecelakaan atau butuh bantuan keamanan polisi.

Meskipun tampilannya sederhana dan tidak memiliki begitu banyak fitur, jumlah nomor telepon yang ada pada aplikasi ini sudah cukup bisa memenuhi kebutuhan keselamatan.