Norman, AI Psikopat Pertama di Dunia

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Norman, AI Psikopat Pertama di Dunia
Ilustrasi kecerdasan buatan. [Shutterstock]

Para ilmuwan melatih algoritma kecerdasan buatan (AI) untuk menjadi seorang psikopat.

Suara.com - Para ilmuwan di Massachusetts Institute of Technology, Amerika Serikat, melatih algoritma kecerdasan buatan ( Artificial Intelligence / AI) untuk menjadi seorang psikopat, dengan memaparkannya pada gambar-gambar mengerikan dan memiliki konten kekerasan di jejaring sosial Reddit.

Penelitian tersebut dinamakan Norman, nama tersebut terinspirasi dari film 'Psycho' tahun 1960. Tak hanya diperlihatkan gambar-gambar mengerikan, Norman juga dilatih untuk menghasilkan deskripsi tekstual dari sebuah gambar.

Percobaan tersebut melibatkan metode tes Rorschach, sebuah tes psikologi yang meminta subjek untuk menulis dan menyebutkan gambar-gambar berupa bercak tinta (inkblot), kemudian dianalisis dengan menggunakan interpretasi psikologis, algoritme kompleks atau keduanya.

Para peneliti menggunakan tes Rorschach untuk membandingkan Norman dengan AI lain yang tidak terpapar gambar mengerikan.

"Norman lahir dan membawa fakta bahwa data yang digunakan untuk mengajarkan AI, secara signifikan akan mempengaruhi perilakunya. Ini merupakan studi kasus tentang bahaya AI ketika mendapatkan data yang salah dalam algoritma machine learning," ungkap para peneliti MIT.

Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa setelah dipengaruhi oleh gambar mengerikan, Norman tidak memiliki logika empati yang pada dasarnya mengubah AI menjadi psikopat.

Dengan menciptakan AI psikopat pertama di dunia, para peneliti ingin menunjukkan bahwa metode dan bahan yang digunakan untuk mengajari sebuah mesin dapat sangat mempengaruhi perilakunya. [Odditycentral]

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS