Elon Musk Ungkap Desain Baru BFR Milik SpaceX

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Elon Musk Ungkap Desain Baru BFR Milik SpaceX
Pengusaha dan inovator terkemuka AS, Elon Musk. [AFP/Peter Parks]

CEO SpaceX Elon Musk membeberkan pembaruan tentang desain roket masa depan SpaceX, Big Falcon Rocket (BFR).

Suara.com - CEO SpaceX Elon Musk membeberkan pembaruan tentang desain roket masa depan SpaceX, Big Falcon Rocket (BFR), pada acara yang mengumumkan identitas penumpang pertama BFR dalam misi perjalanan ke Bulan.

Musk mengklaim bahwa kemampuan roket telah berubah. Setelah roket selesai, BFR akan dapat membawa hingga 100 ton muatan ke Mars.

Itu jika roket diisi ulang di orbit oleh beberapa jenis pewasat tanker antariksa. Musk juga memamerkan simulasi tentang bagaimana mesin itu akan mendarat di permukaan Mars.

BFR sangat penting bagi rencana SpaceX untuk mengirim manusia ke Bulan dan Mars. Dalam bentuk akhirnya, selain menjadi roket raksasa, BFR mencapai ketinggian hampir 387 kaki atau kira-kira seukuran bangunan 40 lantai. BFR juga akan didukung oleh 31 mesin Raptor utama.

Secara keseluruhan, BFR adalah kombinasi dari pendorong roket raksasa dan kapal luar angkasa kargo ukuran besar yang disebut Big Falcon Spaceship (BFS), yang dapat menampung hingga 100 penumpang. Sebelumnya, Musk meluncurkan rincian beton pertama dari desain BFR pada tahun 2016 silam pada pertemuan Kongres Astronomi Internasional.

Kemudian, ia mempresentasikan desain yang diperbarui pada pertemuan IAC lain di tahun berikutnya. Sekarang, rincian BFR telah berubah.

Desain Big Falcon Rocket (BFR). [YouTube/@VideoFromSpace]
Desain Big Falcon Rocket (BFR). [YouTube/@VideoFromSpace]

Desain terakhir BFR mengatakan, ada enam mesin pada roket raksasa tersebut, di mana dua mesin yang lebih kecil yang beroperasi pada tekanan atmosfer di permukaan laut dan empat yang lebih besar yang akan beroperasi secara efisien dalam ruang hampa. Kini, desain BFR baru memiliki tujuh mesin Raptor. Terdapat juga ruang untuk kargo di bagian bawah roket.

Dengan adanya desain baru ini, Musk memperkirakan pengembangan BFR akan menelan biaya sekitar 5 miliar dolar. Ia juga mengataan bahwa SpaceX harus dapat mendanai BFR dengan mengirimkan astronot dan kargo ke dan dari Stasiun Luar Angkasa Internasional, serta meluncurkan satelit untuk Departemen Pertahanan dan pelanggan komersial. [The Verge]

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS