Mozilla Luncurkan Browser Khusus Konten VR

Ferry Noviandi | Aditya Gema Pratomo
Mozilla Luncurkan Browser Khusus Konten VR
Mozilla Firefox Reality

Firefox Reality menggunakan kontrol suara untuk melakukan navigasi.

Suara.com - Mozilla baru saja mengumumkan kehadiran Firefox Reality, sebuah browser yang dirancang khusus untuk konten-konten virtual reality (VR), pada Selasa (18/9/2018).

Browser Firefox Reality sudah dapat diunduh dan dapat digunakan di perangkat VR populer, seperti Oculus Rift, HTC Vive, dan Google Daydream.

"Kami dengan senang hati mengumumkan bahwa rilis pertama Firefox Reality sudah tersedia di toko aplikasi," kata Mozilla dalam situs resminya.

Berbeda dengan browser konvensional, Firefox Reality menggunakan kontrol suara untuk melakukan navigasi. Pengguna juga dapat menggunakan controller VR untuk melakukan navigasi browser.

"Firefox Reality menggunakan mesin Quantum baru kami yang biasa digunakan untuk browser mobile. Hasilnya adalah kinerja yang halus dan cepat yang sangat penting untuk browser VR.

Untuk memboyong konten VR ke sebuah situs, Mozilla membangun sebuah teknologi yang dinamakan WebVR. Di masa mendatang, Mozilla tengah mengembangkan sebuah teknologi yang dinamakan WebXR.

Tak hanya itu, Mozilla juga sudah membuat software yang bernama A-frame untuk mendorong pengembang konten membuat dunia 3D dengan WebVR.

Saat ini, baru tersedia versi pertama dari Firefox Reality. Namun Mozilla menjanjikan bahwa Firefox Reality versi 1.1 akan dirilis sebentar lagi

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS