Terganggu Fitur - fitur Bixby? Begini Cara Menonaktifkannya

Dythia Novianty | Lintang Siltya Utami
Terganggu Fitur - fitur Bixby? Begini Cara Menonaktifkannya
Asisten pribadi virtual Samsung, Bixby. [Shutterstock]

Bagi pengguna Samsung yang terganggu dengan kehadiran asisten pribadi virtual Samsung, Bixby, berikut triknya.

Suara.com - Asisten pribadi virtual milik Samsung, Bixby, memiliki banyak fitur menarik. Namun, tidak semua merasa terbantu dengan kehadirannya dan memilih menonaktifkannya.

Perangkat Samsung yang mendukung Bixby antara lain Galaxy S8, S9, Note 8, dan Note 9, di mana seluruhnya juga memiliki tombol Bixby. Namun, Galaxy Note 9 memiliki perangkat lunak Bixby 2.0 baru dan tidak memiliki pengaturan yang memungkinkan pengguna untuk mematikan tombol Bixby.

Berikut ini cara-cara untuk menonaktifkan beberapa fitur Bixby pada smartphone Samsung tertentu, dikutip dari Lifewire:

1. Cara masuk ke akun Samsung melalui Bixby

Sebelum pengguna dapat menonaktifkan fitur Bixby, pengguna harus terlebih dahulu masuk ke akun Samsung untuk mengakses pengaturan Bixby. Cara untuk masuk ke akun Samsung melalui Bixby cukup tekan tombol Bixby atau geser ke kanan pada layar perangkat untuk mengakses Bixby Home > ketuk Berikutnya > ketuk Bahasa untuk Bixby Voice > ketuk Masuk > masukkan nama pengguna dan kata sandi akun Samsung > konfirmasi > login.

Sebagai catatan, jika pengguna tidak memiliki akun Samsung, maka pengguna harus membuatnya terlebih dahulu. Setelah diverifikasi, pengguna akan dapat masuk sesuai dengan petunjuk di atas.

2. Cara menonaktifkan tombol Bixby

Pengguna bisa secara tidak sengaja menekan tombol Bixby yang terletak di sisi kiri perangkat Samsung. Jika Bixby tidak diatur, Bixby akan meminta pengguna mengatur fitur ini.

Jika sudah diatur, pengguna akan dibawa ke Bixby Homepage. Untuk menonaktifkan tombol Bixby pada Galaxy S8, S9, dan Galaxy Note 8 sangat sederhana.

Pengaturan dapat diakses melalui Bixby Home. Fungsi ini juga memudahkan pengguna untuk mengaktifkan kembali tombol Bixby.

Caranya cukup tekan Bixby atau geser ke kanan pada layar perangkat untuk mengakses Bixby Home > ketuk ikon Pengaturan di sudut kanan atas layar > alihkan opsi Bixby Key menjadi off.

3. Cara menonaktifkan Bixby Voice

Untuk menonaktifkan Bixby Voice pada Galaxy S8, S9, Note 8, dan Note 9 juga cukup mudah. Pengguna cukup mengetuk ikon menu tiga titik di sudut kanan atas layar > ketuk Pengaturan > alihkan opsi Bixby Voice menjadi off

4. Fitur Bixby yang tidak harus dinonaktifkan

Dengan tombol Bixby, Bixby Home, dan Bixby Voice dinonaktifkan, fitur asisten pintar ini hampir sepenuhnya dimatikan. Namun, beberapa fitur Bixby lain seperti Bixby Vision dalam aplikasi kamera akan tetap berfungsi.

Tetapi jika pengguna tidak ingin menggunakan Bixby Vision, pengguna dapat melakukannya pada Pengaturan Kamera dan tidak memilih opsi Bixby Vision saat menggunakan kamera Samsung secara langsung.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS